4 Cara Mengecek Kebenaran Angka Odometer Pada Motor Bekas
Memilih   motor bekas pun bisa dibilang gampang-gampang susah, diperlukan   pengamatan dan ketelitian sebelum memutuskan jadi atau tidaknya   mengambil motor bekas tersebut, karena kini banyak pihak-pihak yang   tidak bertanggung jawab yang sengaja mencari untuk dengan cara-cara yang   curang, dan salah satu modus yang paling sering dilakukan adalah   memalsukan angka odometer di kisaran angaka 3000 kebawah  pada motor   bekas  yang hendak mereka jual
Berikut ini tips untuk mengetahui kebenaran angka odometer pada motor bekas yang terdapat di pasaran:
Pertama.   Memastikan kapan ban itu diproduksi oleh pabrik ban. Setiap   mengeluarkan produksi baru, pabrikan akan selalu membubuhkan tahun   produksi.
Lihat   4 angka di bibir ban. Dari situ kita akan tahu ban ini diproduksi  tahun  berapa. Misalnya tertera angka 5011. Artinya, ban ini diproduksi  minggu  ke 50 pada tahun 2011. Berarti ban diproduksi Desember 2011.  jika  diproduksi pada 2011, itu artinya ban memang sudah tidak orisinal   bawaan  motor. Juga menunjukkan bahwa motor sudah pernah ganti ban.
Kedua, cek   kondisi fisik. Salah satunya footstep,  Bila footstep sudah rusak,  maka  jangan percayai angka odometer yg menunjukkan angka kecil. Karena  pasti  sudah diinjak ribuan kali.
Cek   juga Part karet lain pada handgrip. Cara memeriknya pun sama, coba  anda  tekan kekerasannya. Juga lihat kualitas karet, apakah masih kasar   seperti kulit jeruk atau sudah halus mulus yg menjadi tanda bahwa sudah   digenggam ribuan kali. Kalau sudah begini, sebaiknya dipikir ulang tuk   membelinya.
Ketiga, cek   Kondisi Baut, Pengecekannnya total, mulai sasis sampai kelistrikan.   Tidak lupa juga di bagian baut. Nah, di bagian QC, biasanya motor   ditandai dgn cat yg disemprot pada baut.
Jadi   bila cat sudah mengelupas atau hilang, berarti motor sudah pernah   dibongkar. Motor yg angka odometernya rendah, tidak mungkin mengalami   pembongkaran pada baut. Khususnya di sektor mesin.
Keempat,   Kabel Spidometer, cara mengecek spidometer pernah dicopot, perhatikan   ujung bawah kabel spidometer. Khususnya di roda. Bila ujung baut   spidometer ada bekas luka, itu merupakan tanda kalau kabel pernah   dicopot.
Info Terkait:
0 komentar :
Posting Komentar