Strategi Marketing Suzuki Roda Dua Semakin Ketinggalan
Well jika membahas  produsen motor jepang yang satu ini emang gak banyak kata yang bisa gw  pilih buad ngegambarin kondisi pabrikan yang lagi terpuruk ini. Ya,  Suzuki dari taon ke taon penjualan dan imagenya semakin menurun..Entah  karena salah urus atw salah strategi pemasarannya di Indonesia yang  kurang pas, karena terbukti mereka jualan pun kurang moncer dan kurang  di terima masyarakat Indonesia pada umumnya.
Selera bangsa kita memang unik dan terkesan pasaran, mengapa gw blg bgtu?? Jika boleh di bilang, karakter masyarakat indo itu terbilang Latah dan kurang melek informasi di sekitar, di mulai dari gadget, pakean, kebutuhan, dan pemilihan kendaraan. Ya permasalahannya di situ tadi, karena kurangnya informasi mengenai value suatu barang jadinya masyarakat kita itu udah melekat dengan tradisi yang namanya barang Branded dan Sering di gunakanan itu = BAGUS..pdhal klo boleh jujur, kaga semua koq.,makanya gw brani bilang klo orang Indonesia itu agak latah dalam menentukan dan memilih sesuatu, padahal apa yang mereka punya belum tentu sesuai kebutuhan dan fungsinya, well kembali ke pribadi masing2 orang juga, “selama itu duit lw ya itu hak lw “
Sekarang kita  kembali lagi bahas tentang Suzuki, sebenernya bole di bilang produk  motor jepang yang satu ini gak kalah koq jika di bandingkan sama  competitor sebelah,.Karena bisa di bilang tiap pabrikan motor punya  inovasi dan keunikan serta kelebihan tersendiri pada produk2nya. Tapi  yang itu td gw blg di atas, orang kita itu emg sifatnya Latah, gak maw  objektif nilai sesuatu, dan lebih suka menilai sesuatu itu dari  “KATANYA” padahal jika mereka mau Open Mind, pasti komentny bakalan  beda.
Dan memang  virus “KATANYA” sudah terdoktrin sempurna di kalangan masyarkat kita  jika mendengar produk motor Suzuki, sehingga image Suzuki sendiri dari  tahun ke tahun semakin menurun dan hal itu berimbas terhadap penjualan  motornya juga, di tambah lagi team marketing Suzuki sendiri terlihat  kurang ada gregetnya, mereka terlihat hanya setengah hati dalam  menjalankan strategi marketingnya. Hal itu bisa dilihat dari kurangnya  promosi dan iklan motor Suzuki  baik di media cetak, elektronik dan yang sekarang lagi ngetrend adalah  berpromosi di dunia maya. Hal ini kontras sekali dengan 2 kompetitor  lainya, mereka menyerang media cetak dan elektronik gila2an, mereka juga  berani menggandeng Blogger2 kenamaan dan gak segan2 merangkul mereka  dalam suatu event dan acara non resmi yang mereka adakan, lalu apa yang  di lakukan Suzuki?? Mereka semakin jauh ketinggalan..jadi bisa di bilang  team marketing Suzuki itu benar2 ketinggalan di semua lini pemasaran
Padahal  jikalau kitanya mau melek, produk Suzuki itu selalu penuh inovasi dan  mempunyai cirikhas,.klo bagi gw produk Suzuki itu Kencang dan Awet, tapi  saying makin kesini modelnya makin Out Of Dated dan makin gak banget  karakter motornya, jika ada yang bisa di bilang bagus secara  desain..maka hal itu pantas di sematkan pada produk Suzuki yang paling  laris yakni Satria FU150,  tapi sampe kapan Suzuki bisa bertumpu hanya pada satu jagoan saja??  Lama2 orang jg bakalan jengah, karena marketshare FU sndiri bisa di  bilang mempunyai sisi positif yang ngacir sendirian dalam penjualan di  kelas bebek sport tetapi mempunyai kelemahan di segmen yang terbatas.  Hal ini gak sehat jika terus di pertahankan, Suzuki bisa ambrol jika  penjualan di sector lain gak segera di benahin..
Well gw aja sebagai pemilik motor Suzuki  udah pesimis bgt sm strategi pemasaran neh brand, tp gw cm berharap  yang terbaik aja buad niy pabrikan..hayo Suzuki bangkit dunk jangan mao  ketinggalan
Ciaooo



0 komentar :
Posting Komentar