6 November 2015

Tips Menghaluskan Daging Dalam Adonan Bakso




Membuat adonan bakso dalam pembuatan bakso tidak bisa asal asalan bila ingin hasil baksonya sempurna dan enak, bakso yang baunya harum bau kaldu daging sapi amat disukai oleh penikmat bakso, sekaligus sebagai ciri khas bahwa bakso tersebut menggunakan daging sapi asli, oleh karena itu daging sapi dihaluskan dimasukan kedalam mesin bakso blender daging agar halus serta bahan bahan pokok lainnya seperti tepung trigu, tepung tapioka penyedap rasa serta bumbu adonan bakso, baking powder, dan lain-lain. Ada beberapa cara untuk menghaluskan daging yaitu:


  • Bila Menggunakan cara manual dengan Pisau Dan Spatula
    Caranya dengan men cincang daging menggunakan pisau lalu tambahkan es batu berukuran kecil kemudian campur aduk hingga halus dan rata dengan spatula atau alat pengaduk lainnya.
  • Bila Menggunakan Mesin Bakso Blender Daging Caranya masukkan es batu yang berukuran kecil dan daging ke dalam mesin bakso blender daging, kemudian nyalakan blender hingga adonan menjadi halus. Es batu yang digunakan harus berukuran kecil agar proses menghaluskan daging cincang lebih mudah.
  • Bila Menggunakan Food Processor Caranya memasukkan es batu (berukuran kecil hingga sedang) dan daging ke dalam food processor lalu nyalakan alat tersebut pada kecepatan penuh hingga adonan menjadi halus.


Es batu berfungsi untuk menghambat proses pemasakan pada daging akibat panas yang ditimbulkan oleh tangan, blender, atau food processor (menjaga suhu tetap stabil). Selain itu, es batu berfungsi untuk menjaga agar tekstur bakso lebih stabil (tidak lembek).
Dalam pembuatan adonan bakso terdapat beberapa metode, berikut ini beberapa caranya:

  • Menggunakan Cara Manual Dengan Tangan, Cara haluskan daging dengan tangan adalah mencincang daging dengan bantuan pisau atau alat grinder hingga halus lalu diuleni hingga kalis dengan tangan. 
  • Pakai Blender Metode sangat mudah dilakukan, caranya hancurkan es batu terlebih dahulu agar berukuran kecil lalu masukkan ke dalam blender disusul dengan memasukkan daging yang kemudian dihaluskan menggunakan mesin bakso blender daging hingga halus. bila mengalami kesulitan dan adonan berpencaran di dalam mesin bakso blender daging, maka matikan blender sebenter lalu gunakan  sendok atau spatula untuk merapihkan adonan yang berantakan lalu nyalakan blender kembali hingga mencapai hasil yang diinginkan.
  • Menggunakan Food Processor merupakan cara pembuatan bakso yang juga sering digunakan. Caranya dengan memasukkan es batu dan daging menjadi satu ke dalam Food Processor, lalu nyalakan alat tersebut pada kecepatan penuh hingga adonan menjadi halus.


Es batu dalam pembuatan adonan bakso sering digunakan karena bertujuan untuk menghambat proses pemasakan pada daging akibat panas yang ditimbulkan oleh alat yang dipakai. Hal ini juga berlaku pada proses yang menggunakan mesin bakso blender daging. Bedanya jika menggunakan Food Processor tak perlu menghancurkan es batu, Demikian pembahasannya semoga bermanfaat untuk pengetahuan anda.

Simak Tips Bikin Bakso Ikan Jadi Kenyal dan Enak

0 komentar :