26 Oktober 2010

Pentingnya Sistem Stand Merchandise Dalam Sebuah Event



Desain Sistem Stand Merchandise adalah desain dari sebuah sarana pendukung dari sebuah event. desain stand dan stand adalah media pendukung sebagai sarana berjualan merchandise dan juga sebagai image branding yang ingin ditampilkan oleh pihak penyelenggara.

Tujuan utama dari desain stand ini adalah untuk menunjukkan image branding yang ditampilkan pada event basket dan juga ciri khas khusus pada event basket yang ada, sekaligus tidak melupakan fungsi utama yg ada yaitu untuk memberikan keuntungan yang sebesar-besar nya untuk pihak penyelenggara dan juga pihak sponsor yang terkait.

Dalam proses desain stand sistem stand merchandise ini dilakukan beberapa pendekatan secara style keseluruhan desain stand dan juga kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dari pihak penyelenggara, penjual, dan juga pengunjung.

Dari hal tersebut ditemukan konsep desain stand "POP BASKETBALL". Dalam pengembangan nya nanti akan dilihat penampilan dari ciri khas desain stand dari bentuk dan juga variant warna. Sedangkan pada display akan dilihat bentuk dan warna yang menarik. Oleh karena itu ciri khas dan juga branding yang ditampilkan oleh stand secara keseluruhan dapat dirasakan, dilihat dan membuat ketertarikan pengunjung untuk membeli merchandise yang dijual.

Untuk Pengembangan konsep desain stand juga dilihat dari segi komponen pada stand, yaitu sistem modular pada stand dan display. Pada stand terdapat konfigurasi atau sistem penyambungan antara 1 stand dengan stand yang lain. Pada display terdapat sistem pemasangan dan penyatuan bagian part display. Sehingga lebih praktis dan efisien. Dalam hal ini, maka desain sistem stand merchandise dapat memberikan peluang baru dalam meningkatkan keuntungan dan juga lahan bisnis bagi penyelenggara event bahkan pada perusahaan tertentu.


Sumber: digilib.its.ac.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Perpaduan Antara Seni Dan Desain Interior



Seni dan desain interior memang berkaitan, tapi tak mudah memadukan keduanya.
Wendy Menan

Dekorasi pameran dalam Hotel Grandkemang Jakarta sedikit lebih bervariasi daripada biasanya. Beberapa karya berwujud dasar koper dalam berbagai temadi-pamerkan di beberapa titik dalam lobi hotel. Di luar dekoarasi pameran, kolam airnya berhiasbatu-batuan (buatan) seukuran kepalan tangan orang dewasa. Puluhan terapung, puluhan lainnya digantung.

Salah satu sudut di sisi meja resepsionis juga mengundang perhatian. dekorasi pameran Berlatar dinding dan lantai hitam, sebuah sofa kontemporer dikelilingi gelembung-gelembung percakapan gosip yang ditempel di dinding.

Dari karya-karya yang ditampilkan dalam dekorasi pameran, nuansa seni (rupa) terasa mendominasi. Beberapa kreasi tampil penuh filosofi dan makna. Sebagian lagi tampil unik dan fungsional layaknya bagian dari desain dalam interior.

Ketua penyelenggara ICAD  Harry Purwanto menerangkan ajang tersebut merupakan kolaborasi antara kalangan desainer interior dan seniman. "Dua bidang yang tak bisa berdiri sendiri-sendiri," katanya. Managing Director Hotel Grandkemang Richard Daguise berpendapat, seni dan desain merupakan buah kreativitas yang tak berbatas. Karena itu, dia tak keberatan interior hotelnya yang bergaya kontemporer dicampurbaurkan beragam karya seni.

Satu karakter utama yang selalu tertuang dalam desain interior adalah fungsional. Setiap elemen dibentuk untuk mengakomodasi fungsi, dengan pertimbangan kegiatan manusia. Sebaliknya, karya seni banyak menuangkan buah pikir berupa opini bahkan kritik tajam atas suatu kondisi.

Dalam dekorasi ruangan, Meski seni rupa dan desain interior sama-sama berakar seni, beberapa karya lebih mudah diterima sebagai elemen yang fungsional. Misalnya deretan meja kecil berkala empat yang meliuk-liuk akan memberi kesan unik dalam interior. Karya desainer interior Indra Hadiansyah ini berjudul Dancing Table. Penempatannya membuat meja-meja menari ini terkesan sebagai bagian dari interior lounge hotel.

Indra juga menelurkan sebuah kursi nyeleneh yang dibelinya judul Have a (hot) seat, please. Sebuah dudukan dengan pegangan tangan berwujud tungkai, membuat orang seakan duduk di antara dua kaki perempuan.

Ada pula wujud tubuh perempuan bagian pinggang ke bawah, mengenakan rok pendek dan sepatu merah berhak tinggi. Karya desainer interior Anabelle Clarissa berjudul Wlioops ini tak cuma patung tanpa fungsi. Di balik rok pendek merahnya terdapat nyala lampu.

sumber: bataviase.co.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Desain Booth Unik Dapat Menarik Konsumen



Untuk memulai bisnis menjanjikan dengan modal yang tak terlalu besar, media booth patut dilirik. Bentuk yang unik dan warna yang mencolok kini menjadi faktor utama untuk memenangkan hati konsumen. Tak perlu khawatir kesulitan membuatnya, karena banyak jasa yang menyediakan layanan membuat booth. Pokoknya, tahu beres!

Pada dasarnya, ada perbedaan mendasar pada jenis booth  yang biasa digunakan orang untuk berjualan. “Ada wagon , yang bentuknya seperti kereta atau gerobak, dan ada booth . Bedanya, wagon  dapat dipindahkan, sedangkan booth  cenderung permanen,” berbeda halnya dengan desain pameran.

Membuat desain booth bagi Budi amat berbeda dengan stan desain pameran yang jauh lebih sederhana. Desain booth yang diinginkan pelanggan terkadang lebih rumit dari pada desain pameran. Booth juga menuntut spesifikasi tertentu yang bisa menunjang bisnis si pemiliknya. “Tiap booth punya kebutuhan berbeda tergantung produknya, apakah jualannya sudah matang dan tinggal dijual, atau perlu dimasak dan dihangatkan dulu. Semua perbedaan kebutuhan itu bisa sangat berpengaruh pada desainnya masing-masing.”

disamping bergantung kepada kebutuhan, kerumitan desain booth juga bergantung kepada keinginan pemesan. “Ada yang ingin berjualan produk minuman botol, lalu ingin desain booth- nya berbentuk botol. Desain semacam ini tergolong rumit dan butuh ketelitian lebih tinggi dalam produksinya,” jelas Budi.

Ditengarai, sejak awal tahun 2000-an, bisnis yang memanfaatkan media booth mulai meningkat dengan permintaan yang bermacam-macam pula. Permintaan akan desain booth yang atraktif, Budi menilai, muncul dari persaingan yang semakin ketat pula. Kini, orang-orang semakin sadar fungsi booth sebagai media promosi. Sama halnya dengan desain pameran, Desain booth harus bisa membuat orang penasaran, lalu datang untuk melihat hingga membeli produk yang dijual.

Berhubung permintaan akan desain yang unik semakin tinggi, Budi dan dua orang desainer juniornya harus bekerja keras mencari ide. “Ide bisa datang dari mana saja, buku, desain teman, internet, dan lainnya.” Sampai kini, sudah banyak booth  rancangan Artdeco tersebar di berbagai lokasi di berbagai kota di Indonesia.

Sumber: www.tabloidnova.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris