1 September 2010

Keuntungan Mempunyai Website Dalam berbisnis



Pada intinya, website adalah sebuah mahluk dari dunia lain yang bisa kita kontrol untuk bisa ‘berbicara’ layaknya seminar desain kepada semua orang di seluruh dunia. Berikut beberapa ulasan manfaat website antara lain:

- Meningkatkan harga diri Anda.

Jika Anda mempunyai website, maka Anda mempunyai nilai lebih dari orang lain yang blum punya. Anda selangkah lebih maju dalam kehidupan globalisasi ini. Anda adalah selebritis baru dalam dual dimensi hidup (dunia nyata dan dunia maya). Jika Anda punya perusahaan, dan mempunyai website, maka perusahaan Anda punya potensi terkenal se dunia,siapa tau anda diundang sebagai pembicara dalam seminar desain.

- Menyebarkan ide Anda.

Isi website identik dengan tulisan, gambar, musik, video, dll. Jika Anda mempunyai ide dan disampaikan hanya dengan omongan kepada orang sedunia, maka siap-siap saja ke dokter untuk operasi plastik bibir dan mulut. Ide lebih baik diikatkan dengan tulisan dan dalam bentuk apapun yang bisa ditampilkan dalam media visualisasi, yaitu website. Manusia ditakdirkan sebagai masyarakat sosial yang tidak bisa diam. Tidak bisa diam bila hati ingin bicara, bila hati ingin kekuasaan, bila hati ingin kaya, bila hati ingin mengingatkan sesamanya. Jangkauan penyebaran ide Anda akan sangat terbatas jika mengandalkan mulut, akan mendunia jika menggunakan website

- Menjualkan ide Anda.
Ide lahir dari pemikiran. Dia adalah hasil karya. Dengan semakin banyak Anda ikatkan dalam tulisan, dibaca oleh jutaan orang, maka ini adalah potensi penglihatan. TV saja dibanjiri iklan, karena dia ditonton orang. Nah, jika website Anda ditonton dan dibaca orang banyak ? Maka posisi website = TV. Anda bisa memasang iklan komersial dalam website. Dollar akan mengalir dalam kantong Anda. Ide berhubungan dengan pencerahan. Banyak orang-orang perlu dicerahkan. Siapa tahu Anda diundang dalam acara seminar desain untuk menjadi pembicara?

- Melayani kepuasan para fans Anda.
Saling berbagi informasi adalah hal yang indah. Jika Anda pemilik ide, maka Anda adalah raja bagi para pengikut yang membutuhkannya seperti layaknya seminar-seminar desain . Suatu hal yang memuaskan jika Anda mampu memberikan nilai lebih kepada hidup mereka. Para pengikut akan menjadi percaya kepada Anda.

- Mempunyai potensi teman lebih banyak.
Karena keberadaan website bisa dilihat diseluruh dunia, maka terbuka untuk saling kontak dan berhubungan satu sama lain. Meski pembaca ini jarang ketemu muka langsung dengan Anda, tetapi mereka berbicara secara ‘maya’ kepada Anda, layaknya bicara dengan teman di dunia nyata atau bahkan layaknya adan memberikan seminar desain kepada pengikut anda.
Demikianlah beberapa manfaat website yang mungkin dapat membuka wawasan kita semua.

http://desainwebnet.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Langkah Mudah Memaksimalkan Alignment dalam Desain



lignment atau penjajaran elemen-elemen dalam informasi desain grafis dan layout merupakan hal yang sering muncul dalam proses desain. Apapun bentuk desain dan informasi desain yang dikerjakan, kita pasti akan dihadapkan untuk memilih penggunaan alignment yang tepat. Alignment sangatlah penting dalam desain untuk membangun suatu tampilan yang indah secara estetis dan efektif secara fungsi. Berikut beberapa tips ringan tentang informasi desain terkait penggunaan alignment pada desain grafis.

Secara umum, alignment dibagi kepada empat format utama yaitu center (rata tengah), left (rata kiri), right (rata kanan), dan justify (rata kiri-kanan). Mari sejenak kita uraikan satu persatu format-format teks ini dan melihat fungsi dan penempatan masing-masing dalam desain.

Center
Center alignment (rata tengah) dalam desain biasanya digunakan untuk menampilkan keseimbangan dan fokus pada desain yang tidak memiliki banyak konten/item. Contohnya dapat kita lihat pada halaman homepage google yang menggunakan format center pada kolom pencarinya. Hal ini karena tampilan kolom pencari google sangat minim konten sehingga penggunaan banyak white space (ruang kosong) akan mendukung fokus pengunjung terhadap kolom pencarian.

Penggunaan center alignment akan lemah jika digunakan pada desain dengan konten yang penuh dengan teks seperti buku dan halaman artikel pada web. Penyebabnya adalah, tidak adanya garis batas teratur pada teks yang berfungsi membuat tampilan lebih teratur dan terorganisir. Selain itu, penggunaan center alignment akan membuat tampilan teks berantakan dan tidak fokus, sehingga pembaca cenderung akan mengalami kebingungan untuk menangkap setiap isi yang disampaikan pada teks.

Left
Left alignment (rata kiri) adalah standar penggunaan alinea teks untuk halaman teks yang punya banyak konten. Rata kiri akan menciptakan unsur keteraturan karena jarak antar satu kata dengan kata lain sama. Selain itu, tampilan yang diatur rata kiri akan terlihat lebih dinamis dan mudah untuk dibaca. Rata kiri cocok digunakan untuk blok teks pada halaman situs, buku, majalah, dsb.

Right
Right Alignment (rata kanan) digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Format teks seperti ini akan memberikan kesan yang tidak biasa dan cenderung menarik perhatian lebih karena tampilan yang unik. Biasanya penggunaan rata kanan akan berfungsi baik jika digunakan untuk desain yang minim konten seperti kartu nama, banner, dll.

Namun jangan pernah gunakan rata kanan untuk sebuah halaman yang padat dengan teks. Karena kita semua membaca dari kiri ke kanan. Sehingga akan lebih mudah bagi pembaca untuk menangkap isi dari suatu halaman teks yang tampilan bagian kirinya teratur seperti left alignment.

Justify
Format teks justify alignment (rata kiri-kanan) akan membuat tampilan halaman teks terkesan monoton dan tidak dinamis. Selain itu, jarak antar kata dalam paragraf juga tidak sama, hal ini akan membuat sedikit ketidakberaturan pada teks yang pada akhirnya membuat halaman sulit untuk dibaca.

Penggunaan rata kiri-kanan biasanya digunakan untuk layout dengan kolom teks yang tidak begitu lebar seperti halaman koran.


Sekian informasi desain


http://www.desainstudio.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Langkah Awal Menjadi Desainer Kondang



Sama seperti profesi lain, menjadi desainer grafis juga harus pintar-pintar memasarkan diri sendiri. Dengan begitu jaringan kita menjadi luas dan projek pun dapat kita temukan dengan mudah.

Maka itu selain skill yang bagus, desainer grafis masa kini juga harus bisa memasarkan dirinya dengan baik baik itu di dunia maya maupun di pameran desain.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk memasarkan diri kamu sebagai desainer grafis secara online.

1. Buat Blog atau Website Pribadi.
Saya rasa ini sudah umum dan merupakan suatu keharusan. Yang harus di pikirkan adalah blog/website seperti apakah yang harus kita buat?

2. Menjadi Penulis Tamu di Blog lain.
Terlalu sibuk untuk mengolah blog sendiri? Cobalah menjadi penulis tamu di blog orang lain. Tawarkan diri untuk menulis di blog yang kamu sukai, atau lebih baik lagi, jika kamu mendapat kesempatan undangan untuk menulis, jangan di lewatkan!

3. Buat Projek Fiksi.
Yang paling mudah adalah projek redesain, terkadang kita gatal melihat desain yang tidak efektif (baik itu web atau print) daripada ngedumel dan mencerca lebih baik buat desain versi kamu sendiri. S

4. Bagikan Link Menarik via Twitter / Facebook.
Lebih senang membaca blog/website orang lain? it’s ok. Kamu masih bisa membagikan tautan yang kamu anggap menarik dan berguna bagi teman-teman kamu. Jangan lupa juga, tautan yang kamu bagikan akan mencerminkan siapa kamu. Jadi kalau kamu mau dianggap sebagai desainer oleh teman dan publik, jangan bagikan tautan “cara merawat bonsai” atau hal selain desain terlalu sering, sesekali mungkin boleh saja.

5. Masukkan Portfolio di Jejaring Sosial Khusus Desain.
Ini adalah rumah kedua kamu setelah blog/website pribadi. Setidaknya buat akun di Deviant Art, Behance, Designers Couch dan banyak lagi pilihan yang lain. Biasanya klien potensial mencari desainer melalui website sosial khusus desain seperti itu dan juga untuk membangun brand diri kamu di kalangan seprofesi.

6. Ikut Serta dalam Kontes Komersial atau Non-Komersial.
Dalam setahun pasti ada saja acara atau kontes yang berhubungan dengan desain (biasanya non-komersial), kalau kamu punya waktu, ikuti dan kirim karya kamu.

7. Jualan Stok Desain.
Punya elemen desain atau desain full template yang tidak terpakai? Daripada hanya tergeletak di harddisk, lebih baik kamu jual saja di ThemeForest (untuk template website) atau GraphicRiver atau pameran desain lainnya. Selain berpotensi mendapatkan penghasilan pasif, kamu juga secara tidak langsung memasarkan skill kamu ke seluruh dunia.

8. Bagikan Stok Desain Secara Gratis.
Lebih berjiwa dermawan? tidak masalah. Bagikan saja desain stok kamu secara gratis melalui blog/website/profil jejaring sosial kamu atau pameran desain, biasanya orang suka sesuatu yang gratis (well siapa yang tidak suka?)

9. Bersosialisasi.
Yang terakhir ini walaupun kecil tetapi sangat berarti, ke 8 tips di atas tidak akan ada gunanya jika kamu tidak bersosialisasi dengan pembaca, teman dan publik. Mulai dari yang paling mudah, berkomentar (blog walking) dan membalas komentar, mengirim pesan dan membalas pesan, dll.

Semua tips diatas tentu bukan cara instan, di perlukan waktu dan konsistensi untuk melakukan nya.

selamat mencoba

http://jurusgrafis.com
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis