12 Juli 2011

Jangan Terlalu Percaya Iklan Obat

Pengaruh iklan obat di media, terlebih di televisi, begitu kuat. Tapi benarkah semua iklan obat tidak menyesatkan?
TIDAK benar. Jangankan orang awam dalam menghadapai obat warung (OTC, Over The Counter), dokter pun bisa sesat membaca brosur obat baru. Kebanyakan farmasi di mana-mana dunia cenderung nakal menyembunyikan efek samping dan kelemahan obat yang ditawarkan. Brosur biasanya hanya menonjolkan manfaat, khasiat, serta kelebihannya saja. Hanya dokter yang kritis mampu skeptis terhadap tawaran obat baru yang tidak masuk nalar medis.




Bagi awam, tidak mudah bisa kritis dan skeptis. Bunyi iklan kesehatan di telinga awam nyaris tak mungkin terbantahkan, mudah percaya, dan terpedaya. Maka demi keamanan masyarakat dalam mengonsumsi obat, pengiklan obat dihimbau patuh pada etika beriklan, dan pemerintah lebih ketat mengawasi. Selain substansi iklan tidak boleh menyesatkan, perlu tercantum jelas indikasi, kontraindikasi, dan efek samping yang mungkin timbul, selain mencantumkan pula apa saja tabiat buruk yang dikandung bahan berkhasiat dalam obatnya.

Info terkait – iklan kesehatan

Pengobatan Dengan Ayat Suci Di Larang Keras Di Sudan


Dewan Fikih Islam Sudan (Majma' al-Fiqh al-Islami as-Sudani/ MFIS) baru-baru ini mengeluarkan keputusan (qarar) yang menegaskan pelarangan iklan - Iklan pengobatan alternatif dengan ayat-ayat Al-Qur'an yang banyak terpasang di media massa negeri itu.




Alasan MFIS melarang hal tersebut lebih karena menimbang efek negatif yang biasa ditimbulkan oleh pembuka praktik pengobatan yang bukan spesialis di bidang kesehatan tertentu, namun mencoba mengobati pasien dengan rahasia ayat-ayat Al-Qur'an.
fenomena merebaknya iklan-iklan pengobatan alternatif dengan "jampi-jampi" ayat suci Al-Qur'an di beberapa media massa Sudan merupakan fenomena yang akan membahayakan masyatakat. Sangat Perlu untuk segera ditangani hingga ke akar-akarnya
Dalam pantauan MFIS, pada praktiknya, pusat-pusat pengobatan alternatif itu juga menggunakan alat-alat sakral yang dikhawatirkan menjerumus kepada sihir.
Di Sudan, pusat-pusat pengobatan alternatif dengan Al-Qur'an banyak tersebar di ibu kota Khurtum, dan lebih banyak lagi di daerah-daerah pelosok. Justru, pusat-pusat seperti ini banyak diserbu oleh pasien-pasien, menimbang sedikitnya biasa pengobatan yang dibutuhkan.


Info terkait - Iklan pengobatan

Jenis Iklan Mobil VW Yang Kali Ini Bertema Sangat Aneh


Jenis promosi apapun dilakukan untuk menarik calon pelanggan.
Bila belakangan ini banyak perusahaan yang meletakkan contoh produk di majalah agar kita bisa mencobanya seperti produk shampoo, sabun dan lainnya, yang dilakukan oleh Volkswagen memang keren abis. Memang Volkswagen tidak memberikan mobil di dalam iklan otomotif yang dipasang di majalah Auto Trader tetapi kerennya, kalau anda lapar, anda bisa makan itu lembaran iklan.



Sesuai dengan tema iklan mereka untuk mobil baru VW Gold R yaitu “awesome road-eating power and acceleration”, jalaman iklan ini benar-benar bisa dimakan dan tentu saja tidak berbahaya. Halaman iklan dicetak dengan menggunakan bahan dari beras ketan, terigu, air, garam dan lainnya yang memungkinkan halaman ini bisa dimakan.
Apa rasanya?? Kami tidak tahu juga tetapi idenya kreatif kan??

Info terkait – iklan otomotif