28 Desember 2010

Masih Lemahnya Desain Produk Kemasan




Desain produk untuk kemasan olahan lokal masih menjadi kendala dalam meningkatkan daya saing dan daya tarik produk bagi konsumen di pasar modern.

"Desain produk untuk kemasan lokal masih kalah bersaing, terkadang terlalu sederhana. Akibatnya kurang bisa menarik konsumen," kata Sekretaris Umum Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Jabar, Hendri Hendarta, di Bandung, Jumat.

Selain itu, untuk sejumlah produk, pelaku UKM tidak mampu menjaga kontinuitas pasokan barang ke super market sehingga terkadang terjadi kekosongan produk. Rutinitas pasokan dan kuantitasnya masih sering terkendala.

Meski demikian, kata dia, Aprindo tetap berharap produk UKM yang masuk ke pasar modern terus meningkat dengan ragam jenis kemasan yang lebih menarik dan menjual.

Ia menyebutkan, produk olahan lokal sebenarnya memiliki potensi bersaing di pasar modern yang cukup tinggi. Dari sisi produk terkadang memiliki kualitas lebih baik dari produk dari luar.

Kecenderungan konsumen saat ini melihat dulu Desain produk nya, kemudian rasa dan bentuknya. Hal itu jelas harus menjadi fokus perhatian khususnya bagi para produsen kemasan untuk menampilkan desain-desain yang menarik dan menjual untuk produk UKM.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat, H Ahmad Heryawan menyatakan sependapat agar produk olahan lokal mendapat sentuhan kemasan yang lebih baik lagi sehingga mampu meningkatkan minat konsumen.

Selain itu, Gubernur juga mengimbau kepada para pejabat dan SKPD Jawa Barat untuk mendahulukan menkonsumsi produk olahan lokal dalam jamuan rapat maupun kegiatan lainnya.

"Saya minta seluruh pejabat dan SKPD mengutamakan produk olahan lokal untuk jamuannya, hal itu dalam rangka meningkatkan pasar produk olahan lokal, disamping terus berusaha memperbaiki kualitas produk maupun kemasannya," kata Gubernur Heryawan.

Sejumlah produk olahan lokal Jawa Barat sebenarnya sudah mulai diminati pasar di luar negeri seperti di Singapura dan Malaysia.


Sumber: www.antaranews.com
Temukan Info Lain Seputar Kerajinan Tangan

Mengenal 2 Metode Promosi Online




Kita tahu bahwa promosi bisnis merupakan ujung tombok kegiatan bisnis internet. Tanpa promosi, sehebat dan sebagus apapun produk yg Anda pasarkan jika tidak ada yg mengetahui keberadaannya akan menjadi percuma. Nah, agar promosi bisnis yg anda lakukan bisa berjalan dgn efektif, maka tidak hanya dibutuhkan kerja keras saja, melainkan juga butuh yg namanya KERJA CERDAS.

Kami akan ajarkan kepada anda bagaimana
Cara Ber promosi binis anda Di Internet. Ada 2 Metode Promosi Online yg akan kami ajarkan kepada anda


Promosi Bisnis BERBAYAR

Masing-masing metode mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Kalau dgn metode GRATIS, kelebihannya jelas tidak memerlukan biaya dalam pelaksanaannya. Tetapi sebenarnya kurang tepat kalau kami sebut tidak memerlukan biaya, karena pada praktikknya metode ini tetap membutuhkan biaya untuk akses internet. Apalagi bagi mereka yg belum memiliki akses internet sendiri di rumah.

Investasikan Uang Untuk Beriklan
Jika anda menggunakan metode Iklan GRATIS, anda akan menggunakan banyak waktu untuk promosi (dan juga biaya koneksi internet). Jadi pada dasarnya anda juga keluar biaya (waktu dan uang). Dan hasilnya pun tergantung semangat pemasangan iklan anda. Tapi jika anda sisihkan sedikit uang untuk membeli program pemasangan iklan otomatis atau jasa iklan, maka anda bisa gunakan waktu anda untuk hal lain yg lebih produktif. Misalnya, mencari media investasi pemasangan iklan lainnya lalu taruh uang anda disitu. Ulangi terus strategi ini.

Metode berbayar adalah metode yg paling kami anjurkan. Alasanya apa? EFISIENSI..!! Efisiensi Waktu, Pikiran, dan Tenaga anda. Itulah alasannya. Kami sangat menyadari bahwa MUNGKIN anda tidak memiliki banyak waktu untuk aktifitas ber promosi bisnis anda.


Cara yg juga cukup efektif adalah anda kontak pemilik web yg cukup ramai trafficnya dan tawarkan untuk memasang banner/link anda dgn biaya tertentu. Untuk ini, anda harus mengetahui tingkat keramaian situs web tersebut. Catatan: Jika anda bersikeras mau menggunakan tenaga dan waktu anda untuk melakukan promosi sendiri, atau bahkan anda lakukan keduanya (cara bayar dan gratis) maka saya sarankan anda rajin promosi di situs-situs iklan baris. Tapi pakai cara pintar, yaitu gunakan servis gratis pemasangan iklan baris otomatis atau pasang manual hanya ke iklan baris teramai di Indonesia.

Dalam melakukan promosi online hal yg perlu anda hindari adalah melakukan kegiatan SPAM, yaitu suatu kegiatan promosi kepada orang yg tidak menghendaki.

Sumber: ferryrahman.wordpress.com
Temukan Info Lain Seputar  Bisnis Waralaba

Potensi Peluang Usaha Budidya Lele




Peluang usaha budi daya ikan lele merupakan salah satu peluang usaha yg cukup  diperhitungkan saat ini. Apabila kita perhatikan banyak terdapat  penjual pecel lele yg memerlukan pasokan ikan lele setiap harinya, hal inilah yg membuat permintaan  ikan tersebut menjadi semakin tinggi di pasaran dan membuka potensi peluang usaha yg cukup menjanjikan. Ternak ikan lele relatif  lebih mudah apabila dibandingkan dgn ikan air tawar lainnya seperti ikan mas atau mujair karena lebih tahan terhadap penyakit maupun kondisi lingkungan. Berikut ini adalah gambaran secara umum tentang cara budidaya ikan lele

Pembenihan Lele.

Adalah budidaya lele untuk menghasilkan benih sampai berukuran tertentu dgn cara mengawinkan induk jantan dan betina pada kolam-kolam khusus pemijahan. Pembenihan lele mempunyai prospek yg bagus dgn tingginya konsumsi lele serta banyaknya usaha pembesaran lele.

Sistem Budidaya
Terdapat 3 sistem pembenihan yg dikenal, yaitu :'

1. Sistem Massal. Dilakukan dgn menempatkan lele jantan dan betina dalam satu kolam dgn perbandingan tertentu.

2. Sistem Pasangan. Dilakukan dgn menempatkan induk jantan dan betina pada satu kolam khusus.

3. Pembenihan Sistem Suntik (Hyphofisasi).
Dilakukan dgn merangsang lele untuk memijah atau terjadi ovulasi dgn suntikan ekstrak kelenjar Hyphofise, yg terdapat di sebelah bawah otak besar.

Pembesaran Lele Kolam Terpal


Usaha pembesaran lele kolam terpal dibedakan menjadi tiga macam, yaitu kolam terpal diatas permukaan tanah (tidak perlu mengggali tanah), kolam terpal dibawah permukaan tanah (menggali tanah), kolam beton yg dilapisi terpal. Usaha ini membutuhkan biaya yg relatif murah dan dinilai lebih praktis, dapat dibuat sendiri karena tidak serumit kolam permanen yg terbuat dari beton.

Keuntungan lainnya dari kolam terpal ini yaitu kolam mudah dibongkar pasang, sehingga bisa dipindah tempat jika kondisi cuaca sedang tidak bersahabat. Selain itu kondisi air kolam juga lebih terkontrol kebersihannya.

Adapun estimasi untuk biaya peluang usaha ini adalah:
Modal Awal
3 buah terpal ukuran 2 x 3 meter (@ Rp 150.000,00 x 3) :        Rp   450.000,00
Peralatan tiang kolam (bambu, kayu tiang, dan paku) :              Rp   300.000,00
Selang air 20 meter :                                                              Rp      50.000,00
Ember /baskom besar 3 buah :                                                Rp      30.000,00
Total                                                                                     Rp    830.000,00
Biaya Operasional
Bibit lele (@ Rp 350,00 x 3000 ekor) :                                     Rp 1.050.000,00
Pakan :                                                                                  Rp     600.000,00
Biaya transport :                                                                     Rp      100.000,00
Biaya lain – lain :                                                                    Rp        50.000,00
Total :                                                                                    Rp 1.800.000,00
Omset
Penjualan hasil panen (Rp 11.000,00/kg x 300 kg) =                 Rp 3.300.000,00
Laba bersih
Rp 3.300.000,00 – Rp 1.800.000,00 = Rp 1.500.000,

Temukan Info Lain Seputar Promosi Bisnis