24 Desember 2010

Merintis Usaha Kursus Komputer




Kemajuan teknologi yg terus berkembang pesat saat ini membuat orang tidak ingin ketinggalan perkembangan sama sekali. Dan komputer telah menjadi bagian dari teknologi tersebut. Jadi, belajar komputer sudah seharusnya dilakukan sejak dini.

Dgn adanya program baru pada komputer, seringkali menjadi masalah baru bagi masyarakat. Karena tidak semua orang langsung dapat memakai program yg ada pada komputer, maka keadaan seperti ini bisa dijadikan sebagai peluang usaha baru di bidang bisnis kursus komputer, yaitu dgn membuka kursus komputer yg dibutuhkan konsumen.

Konsumen
Target utama konsumen kursus komputer  adalah mulai dari kalangan siswa SD sampai SMA (sampai yg sudah lulus) dan juga para mahasiswa.

Cara memulai
Utk memulai peluang bisnis kursus komputer ini dibutuhkan ruangan yg cukup luas, selain utk prestise usaha kita, juga agar para pelanggan kita merasa nyaman. Minimal ruangan yg harus disediakan mempunyai luas 120m persegi.

Komputer yg disediakan juga seharusnya mempunyai kualitas yg standar, tidak asal-asalan dan berjumlah minimal 6 buah. Sebagai peralatan pendukung, alat yg harus dibeli adalah kursi, meja komputer, papan whiteboard dan alat tulisnya, AC, dll.

Namun terlepas dari semua fasilitas yg telah disebutkan di atas, hal yg paling dibutuhkan dalam menjalankan usaha ini adalah keterampilan komputer yg dimiliki pekerja atau tentor yg mengajar.

Hambatan
Orang yg menjalankan bisnis ini cukup banyak, sehingga kita harus bersiap utk menghadapi persaingan ini.

Kunci Sukses
Sebaiknya  kita menyediakan karyawan (tentor) yg handal, bukan hanya  dalam bidang komputer, tetapi juga dalam bidang komunikasi. Ini sangat penting, karena jika tidak bisa berkomunikasi dgn baik, ilmu yg diberikan tentor tersebut juga tidak akan masuk ke dalam pikiran peserta didik.

Kursus komputer yg bisa kita ditawarkan diantaranya, design grafis, microsoft office, pembuatan website, internet, dll. Akan lebih baik jika tiap jenis kursus mempunyai tempat dan komputer  tersendiri.

Tidak lupa promosi kursus komputer yg gencar dan kelengkapan fasilitas (termasuk modul) bagi siswa serta kenyamanan ruangan adalah faktor lain yg bisa mendukung perjalanan bisnis ini selanjutnya.

Analisa Keuangan:
 
Investasi Awal
Sewa Gedung  / tahun                       Rp 15.000.000,00
Komputer ( 6 buah x @ Rp 3.000.000,00 )    Rp 18.000.000,00
Kursi dan meja                             Rp  1.500.000,00
Peralatan pendukung
(white board, rak, dll)                    Rp  1.500.000,00+
Total                                      Rp 36.000.000,00
 
Biaya Operasional
Gaji 3 pegawai  x @ 800.000,00             Rp  2.400.000,00
Listrik dan telepon                        Rp    500.000,00
Lain-lain                                  Rp    100.000,00+
Total                                      Rp  3.000.000,00
 
Omzet per bulan
Misal : jadwal kursus komputer per hari adalah 3 sesi pertemuan,
dgn 6 orang peserta dalam setiap sesi.
Dgn biaya peserta Rp 250.000,00 per bulan.
( Rp 250.000,00 x  6 peserta x 3 sesi  )   Rp  4.500.000,00
 
Laba per bulan 
( Rp 4.500.000,00 – Rp 3.000.000,00 )     Rp   1.500.000,00
 
BEP 
( Rp 36.000.000,00 : Rp 1.500.000,00 )    =    24 bulan
 
sumber: bisnisukm.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Memulai Bisnis baju distro




Dalam bisnis selalu diawali dgn proposal. Begitu juga bisnis pakaian dan asesoris ala anak muda, proposal bisnis baju distro perlu dibuat. Jika Anda mengawali bisnis tanpa sebuah proposal terencana, hasilnya pasti akan berantakan dan mengecewakan. Maka dari itu proposal bisnis baju distro harus disiapkan bagi Anda yg ingin menekuni bisnis ini.

Dalam dunia usaha, proposal ini memang banyak ragam bentuknya. Berikut penjelasan cara membuat bisnis baju distro yg bagus dan mulai membuat proposal bisnis baju distro.

Berikut ini contoh proposal bisnis Baju Distro yg harus mencakup beberapa bagian penting. Diantaranya:

1. Profil Distro
Profil ini mencakup nama distro. Usahakan yg gaul dan mencerminkan gaya anak muda. Anda bisa melakukan survei atau membaca referensi tentang istilah-istilah anak muda. Usahakan juga istilah atau nama yg singkat saja. Nama ini yg nantinya akan menjadi merek dagang distro Anda.

2. Lokasi
Dalam proposal bisnis baju distro usahakan tempat yg nantinya sebagai toko atau gerai distro berada di lokasi strategis. Usahakan dekat jalan dan dirancang juga nantinya bisa sebagai tempat nongkrong anak-anak muda juga. Jadi, mereka diharapkan juga memakai atau kelak akan membeli produk dalam distro Anda.

3. SDM Pengelola
Cantumkan siapa pengelola bisnis tersebut dalam proposal bisnis baju distro Anda.  Usahakan disertai dgn diskripsi atau cerita pengalaman-pengalaman personil yg nantinya akan mengelola bisnis baju distro tersebut. Dgn pengalaman tersebut nantinya investor akan bisa lebih diyakinkan karena bisnis ini nantinya akan dijalankan oleh orang yg tepat, bukan orang yg baru belajar dalam bisnis baju distro.

4. Strategi pemasaran
Dalam bagian strategi pemasaran ini, cantumkan beberapa alternatif strategi pemasaran sehingga penjualan bisa melonjak atau minimal sesuai dgn standar yg ditetapkan. Anda bisa merancang strategi pemasaran, misalnya melalui brosur cetak, membuat media online seperti blog atau situs. Atau bisa jadi Anda merancang acara-acara utk menarik minat anak-anak muda datang  pada gerai distro Anda dgn harapan membeli produk setelahnya.

5. Perhitungan rugi laba
Utk seorang investor, inilah poin yg paling penting. Hitung dan rencanakan perhitungan rugi laba bisnis baju distro Anda. Bukan pertahun tapi perbulan. Usahakan agar dalam perhitungan tersebut ada volume peningkatan penjualan dari bulan ke bulan. Utk perhitungan rugi laba, misalnya nanti keuntungan 60% utk investor dan 40 % utk pengelola, atau dgn model masing-masing akan mendapkan hasil yg rata 50%.

Demikian penjabaran proposal bisnis baju distro khusus kami ketengahkan utk Anda. Semoga bermanfaat. Sukses utk bisnis Anda.


sumber: www.anneahira.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Sukses Dalam Bisnis Jual bunga online




Bisnis Jual bunga online memerlukan perhatian dan daya tahan dalam menghadapi perilaku konsumen yg sangat bervariasi kebutuhan dan sikapnya. Karena itu, menarik perhatian pembeli menjadi salah satu faktor kritis usaha jual bunga online. Pada awal pendirian perusahaan atau mengawali usaha jual bunga online memerlukan faktor ini.

Meskipun, sejalan dgn berkembangnya bisnis jual bunga online dan dgn kreativitas tinggi, bunga hasil rangkaian secara lambat laun dan pasti  akan menarik perhatian pembeli. Upaya kreativitas dan inovatif terhadap produk bunga yg dihasilkan menjadi langkah awal usaha dan promosi. Kedua kegiatan ini sangat diperlukan dalam usaha bunga, bahkan secara kontinyu hal ini mungkin harus tersedia, sehingga perlu mengalokasikan biaya promosi.


Meskipun usaha jual bunga online cukup menjanjikan keuntungan, namun berikut disajikan beberapa hambatan usaha yg mungkin akan ditemui dalam usaha merangkai bunga.

Ø            Gaya rangkaian bunga yg dihasilkan dianggap masih terlalu standar atau kurang diterima oleh pasar. Karena itu, usaha ini senantiasa menuntut pelakunya utk selalu mengasah dan meni ngkatkan keterampilannya. Pelaku usaha ini dituntut utk selalu menambah pengetahuan dan keterampilannya dgn cara sering membaca buku , mendapatkan referensi, memperoleh informasi aktual, atau dan melakukan penjelajahan informasi melalui internet.

Ø            Susahnya mendapatkan pasokan bunga, terutama sekali pemasok bunga utk bunga-bunga khas atau bunga yg sulit didapat. Pada saat tertentu terdapat permintaan bunga impor, tetapi bunga tersebut sulit didapat. Permintaan utk bunga impor cukup menguntungkan tetapi seringkali keingin­kan pelanggan terhadap bunga impor sering terhambat karena keterbatasaan pasokan. Oleh karena itu, usaha ini memerlukan upaya perluasan jaringan kerja sama dgn para pemasok bunga dari dalam dan luar negeri.

Ø            Banyak terdapat pelanggan yg tidak dapat mendeskripsikan rangkaian bunga yg diinginkan, sehingga diperlukan kesabaran yg tinggi dalam menghadapi konsumen seperti ini.  Salah satu alterantif solusinya adalah dgn memajang foto hasil rangkaian di website/situs usaha, dan foto-foto tersebut dijadikan sebagai rujukan dasar utk pemesanan.

Ø            Kesegaran bunga adalah salah satu ukuran layanan dari usaha jual bunga online, sehingga menjaga kesegaran bunga walaupun sulit dan  tidak mudah harus diutamakan dalam melayani pelanggan. Karena itu, usah ini harus menguasi tata cara dan teknik menjaga stok bunga agar tetap segar dan siap segera dikirim kepada pelanggan.

Ø            Usaha jual bunga online sangat tidak mengenal waktu, artinya sedia setiap saat.  Besar kemungkinan ada pelanggan yg memesan pada malam hari dan dalam waktu sesegera mungkin menginginkan dapat terkirim dan diterima oleh pelanggan. Oleh karena itu, usaha ini membutuhkan kepiawaian dalam mengelola produk dan konsumen termasuk pula hal-hal di luar dugaan.


Sumber: www.sentrakukm.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris