15 November 2010

Belajar Otomotif: Sebab Error Transmisi



Kenapa mobil saat oper gigi dari 2nd ke 3rd , tuasnya kembali pada posisi netral ?

Boleh enggak dibawa ke bengkel bukan dealer ???

Yg pasti, apabila ada pernah belajar otomotif tentunya anda mengetahui bawha gejala ini tidak akan terjadi pada mobil yg sehat dan ini menandakan ada yg tidak beres pada transmisi mobil Anda. dalam belajar otomotif Ada beberapa sebab yg bisa menyebabkan gigi 3rd Bisa lompat ke netral

1. Ada kemungkinan rasio gigi tiga tersebut rusak, mungkin patah atau terkikis. Sehingga meski sudah masuk gigi mobil tidak mau maju dan informasikan secara detail penyebabnya kebengkel anda.

2. Kemungkinan pernah terjadi hentakan power sangat kuat sehingga bisa merusak rasio gigi 3rd menjadi hancur, jika gigi rasio ini hancur atau gunduI jelas tidak akan meneruskan gerakan gear ke roda

3.Bisa juga sinkronisme yg rusak sehingga gigi tidak dpt masuk atau lompat dan mobil tidak dpt melaju pada gigi 3rd .

4. Mounting atau karet dudukan transmisi rusak sehingga terjadi goygan cukup kuat saat mesin dihentak. Goygan ini bisa saja menggeser tuas transmisi ke posisi netral karena mentok dengan dak bawah kabin.

5. Hub sleeve pada sistem sinkromes sudah aus. Sehingga hub yg tugasnya sebagai penahan kalau gigi masuk tidak dpt berfungsi karena aus ,Jadi Kalau sudah aus, tidak bisa menahan lagi, dan gigi pun lompat ke netral

5. Penyebab dari detent ball Bola seperti peluru ini ada pada mekanisme tuas persneling dan garpu pemindah sinkromes. Tugasnya menahan tuas saat perpindahan gigi dan pada tuas, ada lubang-Iubang khusus yg berbentuk bulat, ketika memasukkan gigi bola tersebut akan mengunci ke dalam lubang itu. Detent ball sendiri sudah siap pada saluran gerak tuas dan siap mengancing jika ada dorongan per di belakangnya Kalau bola sudah pecah
atau aus tidak bisa menahan tuas lagi,dan gigi akhirnya bisa lompat .

Hal ini memang perlu membongkar transmisi untuk memperbaikinya. Namun tidak perlu bengkel yg canggih untuk bisa mengerjakannya yg jelas bengkel tersebut sudah ada kredibilitas untuk pengerjaan tersebut.
Karena konstruksi transmisi manual relatif tidak banyak perubahan dari tahun ke tahun system kerjanya pun sama saja , Asal bengkel tersebut memiliki kemampuan dalam pengadaan suku cadang, pasti bisa mengerjakan.


Sumber: hasil1st.wordpress.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Karet Damper Plat Kopling Tiger



Dalam kursus montir motor akan diajarkan bahwa Akibat usia pakai yg lama, wajar rasanya jika terjadi kerusakan atau deformasi bentuk pada part motor. Namun yg jadi perprobleman adalah, tidak semua part mudah terpantau apakah kondisinya masih dalam keadaan bagus atau sudah mulai rusak atau bahkan sudah tak layak pakai.

Salah satu dari problem ini pernah dialami oleh pengguna Honda Tiger lansiran tahun 2000 kebawah. Problemnya ada pada karet damper di pressure plat kopling.

Terlalu sering terbakar hawa panas mesin dan terendam oli, membuat part yg satu ini mengalami deformasi bentuk dan kualitas. Memang, karet ini didesain tak seperti part fast moving lalinnya. Karet ini dirancang lebih kuat dan lebih tahan lama.

Nah, yg jadi perprobleman adalah, saking lamanya part tersebut berada dalam suatau wadah yg tak terlihat oleh mata, pengguna atau pemilik motor tak akan memperhatikan atau bahkan tak tau kalau ada part itu di dalam sana.

“Baru-baru ini sudah ada empat motor. Rata-rata mengeras, tapi ada satu yg hancur jadi serpihan,” kata Soebronto Laras alias Bronx, pemilik sekaligus mekanik dari bengkel Mandiri Motor, Jakarta Barat. Kursus montir motor

Menurut Bronx, problem ini diperkirakan karena usia pakai yg bisa diterima. Damper memiliki funghsi meredam tekanan langsung dari perputaran mesin ke rumah kopling. Artinya, karet penahan akan mengalami panas, meski pendinginan dialiri oleh pelumas.

“Sepertinya sih menygkut material karetnya. Mungkin bahan baku damper rumah kopling di Tiger enggak semuanya sama karena kemungkinan dibuat oleh supplier berbeda. Yg kedua adalah soal penggunaan oli,” ungkap mantan Kepala Mekanik AHASS Honda Tiger Mailing List (HTML), Jakarta Selatan ini.

Ciri damper sudah mulai mengeras dan hancur jadi serbuk waktu mesin keadaan langsam. Kedengaran sudah klotak-klotak di bagian kopling. Pas kopling ditekan, suara itu hilang.

“Parahnya, serbuk dari hancuran karet jadi menyumbat lubang semprotan oli. Fatal, kan akibatnya,” jelas Bronx Bronto yg bermarkas di Jl. Panjang Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kursus montir motor

Menurut Bronx, jika hal ini terjadi satu-satunya cara adalah dengan mengganti karet dengan pemasangan ke tutup rumah kopling dipantek ulang.

Nah, jika Anda mengalami atau mendengar suara janggal pada koplingnya saat langsam dan hilang saat tuas kopling ditarik, maka segeralah periksa Tiger Anda.

Sumber: gilamotor.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Melakukan Perawatan Mesin Mobil



Apabila anda sendang mengikuti kursus montir mobil pasti anda akan dijelaskan bahwa Mesin yg ada pada mobil merupakan induk sebuah mata rantai dari keseluruhan komponen mobil, karena jika ada sedikit penyakit pada mesin maka akan berpengaruh terhadap kinerja sebuah mobil. Oleh sebab itu mesin mobil anda harus selalu dalam keadaan siap tempur dan tetap fit sepanjang hari.

Dalam kursus montir mobil akan diajarkan Bagaimana agar mesin mobil anda selalu dalam kondisi siap tempur dan fit selalu ..??
- Yakinkan mobil anda melakukan service mesin secara periodik sesuai dengan petunjuk shop manual produk. hal ini untuk dpt mengetahui sejak dini apa bila terjadi gejala penyakit pada mesin..

- Yakinkan setiap penggantian pelumas selalu menggunakan pelumas yg berkualitas. Hal ini pelumas untuk dpt melindungi material pada mesin dan apa bila tidak dilakukan secara rutin maka anda tidak dpt mengetahui kandungan material pada pelumas yg lama..apakah terdpt gram atau tidak..? jika pelumas anda sudah mengandung gram hal itu dpt mengikis material pada mesin yg lama kelamaan dpt merontokan material,,kalau sampai terjadi seperti itu maka anda tinggal tunggu waktunya..engine mobil anda dpt terjadi jammed, yg ujung ujungnya harus melakukan over houl..!!

- Yakinkan setiap penggantian inner part engine gantilah dengan part yg genuine ( asli- utamakan kualitas ) hal ini untuk megurangi resiko kerusakan kembali atau lebih luas..yg dpt mengakibatkan anda harus mengeluarkan kocek untuk pekerjaan yg sama..

- Sebelum mesin mobil dihidupkan yakinkan pelumas dalam kondisi cukup. (cek pada stik level oil )

- Periksa juga air radiator dan yakinkan dalam keadaan cukup. hal ini untuk dpt menjaga agar mesin tidak terjadi over heat..

- Gantilah packing mesin apabila mesin selalu dalam kondisi basah (oli)

- Lakukan penggantian periodik umur timing belt sesuai dengan buku petunjuk

sangat senang dpt memberikan informasi ini semoga dpt bermanfaat untuk semua..

Salam Kursus montir mobil

Sumber: hasil1st.wordpress.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris