15 November 2010

Kursus Otomotor: Memperpanjang Usia Kanvas Kopling



Kanvas kopling memang mempunyai masa pakai. Semakin intens kanvas bekerja, semakin cepat tipis permukaannya. Bila sudah tipis, komponen penting dalam sistem penggerak kendaraan ini memang seharusnya kita ganti segera. Rata-rata, tiap 4 tahun sekali.

Namun, jangan salah sangka. Sebagian Besar pengendara yg harus mengganti kanvas kopling jauh lebih cepat dari yg seharusnya. Bukan semata-mata karena problem kualitas. Tapi, karena kesalahan dalam gaya berkendara dan minimnya mengikuti kursus otomotir sehingga minimnya akan pengethuan ttg otomotif. Sebagai pengendara, kita bisa sedikit memperpanjang usia kanvas kopling bila memperlakukannya secara tepat. Beberapa waktu lalu, astraworld.com ( kurus otomotif) pernah menghimbau agar saat mengendarai mobil kita jangan sering-sering menginjak setengah kopling.

Pengaruhnya terhadap keausan memang sangat jelas. Injakan yg nanggung seperti ini menempatkan kanvas kopling pada tingkat gesekan yg sangat keras. Itu sebabnya permukaan kanvas akan lebih cepat terkikis. Kebiasaan ini masih sering dilakukan para pengendara. Terutama, di jalur padat dan saat menanjak. Mereka berargumentasi, dengan menginjak setengah kopling, maka mesin tidak akan mati. Ada benarnya, namun lebih banyak menimbulkan kerugian. Karena itulah, kami (kursus otomotif) menempatkannya pada urutan pertama. Cara kedua yg harus kita perhatikan adalah saat melepas pedal kopling. Kanvas kopling akan jauh lebih awet apabila ketika melakukan perpindahan transmisi, kita tidak melepaskan pedal kopling secara menghentak. kursus otomotif.

Lepaskan saja dengan perlahan-lahan. Dan yg ketiga, penggunaan gigi transmisi harus sesuai dengan kecepatan kendaraan. Jangan terbiasa yg gigi tinggi bila kecepatan mobil rendah. Kebiasaan ini masih sering dilakukan pengendara. Contohnya, yg gigi 4 pada saat kecepatan kendaraan hanya 20km/jam. Sebenarnya, semua himbauan ini terkait dengan posisi kanvas kopling. Sebagai bagian dari sistem penggerak kendaraan, kopling beserta kanvasnya menjadi komponen penghubung antara mesin dan penggerak roda. Ia bertugas meneruskan daya yg dihasilkan akibat putaran mesin ke penggerak roda. Sehingga penggerak roda mampu menggerakkan total beban kendaraan.

Kanvas kopling akan lebih panjang usia bila ia betul-betul kita tempatkan semata-mata sebagai penghubung. Bukan sebagai penahan beban kendaraan. Caranya, ikutilah tiga saran dari tim kursus otomotif.

Sumber: hasil1st.wordpress.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Perawatan Mobil: Tips Menghidupkan AC Mobil



Agar usia mobil dpt bertahan lama sudah seharunya anda melakukan perawatan mobil secara berkala. dan perawatan mobil tidak hanya terpaku pada service rutin semata akan tetapi perawatan mobil mulai dari service hinggal pemakaian harian. dan salah satunya cara anda menghidupkan AC mobil Anda. Jika kita ingin menghidupkan AC mobil, lakukanlah pada saat RPM rendah. Posisi RPM (atau rotation per minute) rendah ada pada saat mesin idle, ketika pedal gas tidak kita injak. Langkah seperti ini perlu kita lakukan jika kita ingin merawat AC.

Alasan teknis (perawatan mobil) ini sebenarnya sangat sederhana. Yaitu, untuk menghindari gesekan yg terlalu keras antara pulley dan pressure plate (plat penekan) pada kompresor AC. Pulley dan pressure plate memang menjadi komponen yg sangat penting dalam sistem kerja AC. Pressure plate adalah komponen yg bertugas sebagai penghubung sehingga poros kompresor AC dpt berputar. Perawatan mobil.

Tugas sebagai penghubung itu baru bisa dijalankan setelah pressure plate menempel ke pulley. Pressure plate ini akan mendekati (sampai melekat) ke pulley ketika kita menghidupkan AC. Problemnya, pulley adalah komponen yg selalu berputar selama mesin hidup. Dan, putaran pulley itu berubah-ubah. Kadang cepat, kadang lambat.

Tinggi rendahnya putaran pulley tergantung kerja mesin. Pulley akan berputar cepat ketika putaran mesin per menit (RPM) tinggi. Sebaliknya, lambat saat putaran mesin per menit rendah. Dari cara kerja itu kita bisa memperkirakan, kapan waktu yg tepat untuk menempelkan pressure plate ke pulley. Dan kita pun bisa membaygkan apa yg terjadi jika kita menempelkan pressure plate pada saat putarannya sangat kencang. Pada putaran kencang, gesekan antara permukaan pressure plate dan pulley akan sangat keras.

Jika kebiasaan ini terus terulang, permukaan gesek dua komponen ini akan cepat aus. Jika sudah terlanjur aus, efek berikutnya cukup merepotkan: tenaga putar mesin tidak dpt diteruskan secara maksimal ke kompresor AC. Teknisi menyebut kondisi ini dgn istilah slip. Ada dua dampak lanjutan yg umumnya pengendara rasakan jika terjadi slip. Pertama, AC terasa kurang dingin. Kedua, terdengar suara berisik pada kompresor AC. Dampak yg membuat kita kurang nyaman, bukan? Karena itu, jika ingin menghidupkan AC, lakukanlah pada saat RPM rendah.

Sumber: hasil1st.wordpress.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris

Peluang Franchise Dan Kemitraan Bengkel Sepeda Motor



Peluang Usaha Bengkel Sepeda Motor. Masih Berpeluang kah ? Untuk menjawab pertanyaan ini tentunya calon wirausaha yg ingin membuka usaha bengkel sepeda motor harus mencari data jumlah sepeda motor dan bengkel yg tersedia . Menurut data dari AISI ( Asosisasi Industri Sepeda Motor Indonesia ) hingga juni 2010 jumlah penjualan sepeda motor sekitar 40 Juta Unit . Dgn peningkatan prosentase pertahun sekitar 12.5 – 15%. Bagaimana dgn jumlah bengkel sepeda motor yg tersedia ?

Menurut data AISI bengkel resmi Honda Ada sekitar : 3.800 AHASS , Yamaha sekitar : 2.750 YSS , Suzuki sekitar : 1.400 BeRes . 3 Itu yg terbesar . Jika total bengkel tersebut di tambah dgn bengkel sepeda motor kawasaki , Piagio , TVS, Bajaj , Minerva, KTM total nya masih di bawah 10.000 bengkel .

Bagainama dgn bengkel sepeda motor yg Non Resmi ? Jika di asumsikan Bengkel Non Resmi adalah 9 kali lipat bengkel sepeda motor resmi ( karena tidak ada data pasti jumlah bengkel Non Resmi ) yaitu : 90.000 bengkel sepeda motor. Maka Total jumlah bengkel sepeda motor keselutuhan adalah : 100.000 ( Seratus Ribu ) bengkel sepeda motor . Berarti angka perbandingan jumlah kendaraan dan bengkel sepeda motor adalah : 1: 400 . Artinya 1 bengkel melayani 400 sepeda motor . Sehingga peluang usaha waralaba bengkel sepeda motor ini masih bisa di jikang cukup prospektif . Menurut pengamat otomotif Suhari Sargo , peluang usaha bengkel sepeda motor masih prospektif hingga 10 tahun kedepan .

Bagi anda yg tertarik membuka usaha bengkel sepeda motor dgn sistem kerjasama kemitraan ataupun waralaba. Banyak hal yg harus diperhatikan diantaranya : Kualitas Pelayanan pada pelanggan, Kelengkapan peralatan yg dimiliki bengkel sepeda motor, seberapa banyak mekanik , keahlian mekanik , berapa harga service yg dpt sisesuailan dgn lokasi dan kemampuan masyarakat sekitar. Calon Mitra harus menanyakan bagaimana support Pewaralaba . Karana pada dasarnya usaha waralaba bengkel sepeda motor merupakan usaha duplikasi. Dgn demikian perlu juga diperhatikan tentang SOP ( Standart Operating Procedure ) untuk mencapai target dan balik modal yg ditetapkan. Hal yg penting juga adalah dukungan promosi baik iklan , promo service , hingga membuat website untuk mendongkrak popularitas.

MITRA BERES ( Bengkel Resmi Suzuki )
1. INVESTASI : Rp. 115.000.000 , meliputi :
    - Investasi Kemitraan : Rp. 50.000.000
    - Tempat dan Peralatan : Rp. 50.000.000
    - Dekorasi : Rp. 15.000.000
2. BELANJA SPAREPART : Rp .20.000.000
3. BIAYA OPERATIONAL : Rp .18.400.000
    - Sewa Tempat : Rp. 10.000.000
    - Gaji 4 Karyawan : Rp. 8.000.000
    - Telepon : Rp. 200.000
    - Listrik : Rp. 200.000
4. OMSET : Rp. 50.000.000
5. KEUNTUNGAN BERSIH : Rp. 11.600.000

Informasi Dpt Menghubungi :
KALIABANG MOTOR
Jl. Kaliabang Tengah Rt 01/04, Kel.Kaliabang Tengah , Bekasi Utara

Sumber: idepeluangusaha.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, usaha, Iklan Baris