12 November 2010

Tips Bikin Kawasaki Ninja Makin Garang


Kawasaki Ninja. Mendengar namanya saja udah kebayg kekuatan nih motor.  Tdkkan utk balap utk harian aja, tenaga nih motor dengan mesin standarnya udah sangat mumpuni. Tinggal seberapa berani penunggangnya menarik pedal gas sampai mentok.

Kendati demikian, masih ada bikers yg punya nyali besar dan merasa gak puas sama lari si Ninja. Membuat Kawasaki Ninja makin garang dengan mesin standar nya.

“Ninja RR kalau hanya utk harian agar lebih enteng cukup lakukan tiga hal dalam Onderdil motor, pertama naikit pilot jet nya jadi 25. Dan utk mengejar hasil yg lebih maksimal, kenalpot standarnya diganti pake knalpot kolong dan rubah timing pengapian dengan sedikit dimajukan,” jelas Didi Nurhadi.

Terus kalau Onderdil motor Ninja R gimana? perlakuan Onderdil motor buat Ninja R gak jauh beda dengan Ninja RR, cuma utk Ninja R, pilot jet nya pake yg ukuran 52 atau 55.

Kalau sudah dilakukan perubahan seperti diatas tapi masih gak puas? Ganti Onderdil motor berupa karburatornya pake karburator PE. Tapi kalau mau tetep pake karburator bawaannya Ninja, rubah pilot jet, timing pengapian dan porting. Jika hal ini sudah dilakukan, Didi menjamin kecepatannya bisa tembus angka 200 km/jam dengan kondisi gas belum mentok, alias masih bisa ditingkatkan lagi.

“Kalau mau melesat jauh dan tenaga maksimal, ganti karburatornya pake PE 28 buat maksimalin di tarikan bawah, rubah timing pengapian dan porting. Gw jamin lari 200 km/jam aja mah gas belum mentok,” jelas Didi lagi.

“Dengan mesin standarnya Ninja RR jelas lebih galak dari Ninja 250, apalagi kalau udah lakukan perubahan seperti tadi, makin gampang lah ngalain Ninja 250,”.

Hal Serupa juga diakui Safiih yg akrab disapa Jeck sang mekanik dari bengkel 7 saudara. “Kalau Ninja RR standarnya mah udah bisa ngalahin Ninja 250. Tapi kalau mau lebih galak cukup ganti knalpot dan seting karburator,” jelasnya.

Masalah Onderdil motor yg sering terjadi pada motor Kawasaki Ninja terutama keluaran tahun 2007 keatas biasanya katupnya sering macet. Utk mengatasi masalah ini agar bisa mendukung rubahan tadi, tinggal naikkan setelan pompa oli biar sedikit boros. Hal ini dimaksudkan agar katup gak gampang kering.


Sumber: gilamotor.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Mengenal Velg Motor Tipe Dan Fungsinya



Salah satu bagian yg mendapat perhatian besar dan menjdi pertimbangan bagi konsumen dalam membeli motor adalh velg (velek). Selain sebagai spare part motor yg cukup vital, velg sekaligus juga merupakan asesoris yg bisa membuat motor Anda semakin gagah. Akan tetapi, sebelum memutuskan utk membeli sepeda motor ada baiknya utk terlebih dulu mengenali tipe velg dan sekaligus cara merawatnya agar tertap awet.

Ada dua tipe utama spare part motor dari velg sepeda motor (spare part motor). yakni velg palang (solid wheel), di mana velg dan pendukungnya di buat sebagai satu kesatuan unit yg biasanya terbut dari alumunium (cetak). Sedangkan satu lagi adalh velg jari-jari (spoke wheel). Tipe ini paling banyak dikembangkan oleh pabrikan sepeda motor, di mana hubungan velg dengan garpu disatukan oleh kawat-kawat logam yg membentuk pola tertentu.

Velg motor logam (sering disebut velg racing atau velg palang) terdiri dari campuran alumunium, karbon, dan logam lain. Pada awalnya campuran logam ini juga dicampur dengan magnesium, tapi karena sifatnya yg mudah terbakar, maka mag-allog velg dilarang utk dipergunakan balapan.

Sesuai perkembangan model, saat ini banyak motor dan spare part motor yg mempergunakan velg (rim wheel) logam, karena lebih ringan, akurat, dan efisien, Akan tetapi harganya relatif lebih mahal. Kelebihan inilah yg membuat velg tipe ini sering dipergunakan pada balap motor, sehingga dikenal dengan nama velg racing. Selain tampak lebih gagah, velg ini juga sangat baik utk ban tubeless, karena posisi duduk ban pada velg lebih sempurna.

Ban tubeless disarankan utk velg logam, lantaran ketika ban mengalami kebocoran, maka Anda tdk perlu melepas ban dari velg, sehingga kerusakan pada velg dapat terhindar. Lain halnya dengan velg jari-jari (conventional spoke wheel rim).

Velg tipe ini tdk dapat dipergunakan utk ban tubeless, karena lubang jari-jari akan membocorkan udara ban ke luar.Jika kita telah mengenali velg, maka ada baiknya tdk menyepelekan perawatannya. Berikut tips memelihara velg sepeda motor.

Periksa tekanan udara (angin), sesuai rekomendasi pabrik, baik diisi nitrogen maupun udara biasa. Ini utk menghindari kerusakan velg.Jika ingin mengganti atau melepas ban, gunakan alat yg tepat. Sebab penggunaan alat yg kurang tepat dapat merusak logam velg yg bersifat lunak. Spare part motor.

Tdk lupa, velg logam pada kendaraan roda dua juga memerlukan dynamic balancing.
rn Hindari mamakai ban di Usahakan menghindari lubang ketika memacu motor.Tdk mengendari sepeda motor off-road. Karena akan mempercepat kerusakan velg.

Jika membeli motor dengan velg logam, disarankan memilih sistem rem cakram. Ingat bahwa dalam velg logam dengan sistem rem kanvas, drum itu sendiri adalh velg. Tdk ada drum yg terpisah. Dengan demikian jika drum rem mengalami kerusakan atau aus, maka Anda harus membeli velg logam secara keseluruhan.

Tdk memperbaiki velg di rumah, jika Anda tdk paham terhadap spare part ini. Velg logam memang dapat diperbaiki, tapi jika kerusakannya total, misalnya patah, disarankan utk tdk diperbaiki dan lebih baik menggantinya dengan yg baru.

Sumber: bataviase.co.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Knalpot Dan Tenaga Motor



Aksesoris Motor berupa Knalpot racing sebagai pelepas gas buang dari motor merupakan salah satu kunci dari bagian dari motor yg dpt diupgrade. Dengan penggantian aksesoris motor berupa knalpot ini dari knalpot standart ke knalpot racing biasanya dpt menambah tenaga atau malah sebaliknya menurunkan tenaga.

Secara dasarnya utk lebih mudahnya aksesoris motor berupa Knalpot Racing ini dipergunakan utk(tipe pemakai):

1. Pemakai Umum-Kategori Style only-Pemakaian Pergi ke kantor, touring master dan aktifitas rutin sehari-hari (non-racing) hanya agar mendptkan suara yg lebih empuk dan ngebass dan agar suara dpt terdengar dengan tujuan agar lebih hati-hati didekat si pengendara..

2. Pemakai Medium-Kategori Style-Gaya balap-ngebut kalau ada kesempatan-Pemakai Pergi Ke Sekolah, Kampus, Kantor.

3. Pemakai Advance-Kategori Street illegal Racing-Pemakaian khusus utk balap liar dengan kondisi motor akan dipakai hanya utk balap liar.

4. Pemakai Profesional-Kategori Full Racing is legal-Pemakaian khusus utk balap resmi dengan spek motor full racing/medium racing Mp3 dan MP 5, dengan rider seorang pembalap professional.

Utk Mendptkan aksesoris motor berupa knalpot sesuai criteria kategori diatas berikut petunjuknya:

1. Pemakai Umum-Kategori Style only
Yg diperlukan disini cukup hanya dengan mengganti silincer/peredam suaranya saja.
Apabila pipa dari leher knalpot hingga silencer bisa dilepas tanpa memotong seperti model motor tipe 4-tak Scorpio, Thunder 250,CBR 150, Minerva, Thunder 125, Shogun 125, Arashi, Honda Supra 125, Satria FU, Nova Sonic. Utk motor tipe 2-tak seperti NSR,King, Ninja 150, TZM 150, Tiara 125(JR 120), 125Z( bila 2 tak cukup dengan memotong sebagian isi dari silencer yg menempel pada pipa letaknya didalam silencer) Akan tetapi suara menjdi lebih garing dan keras.

2. Pemakai Medium-Kategori Style-Gaya balap
Yg diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system( system full termasuk dari leher knalpot yg menempel di blok mesin hingga ujung silencer, atau juga hanya mengganti silencernya juga tanpa mengganti pipa knalpot.

Selain  itu setting spuyer yg tepat diperlukan. Contohnya: utk motor tipe 4-tak proses setting dpt dimulai dengan menaikkan spuyer pilot jet sebanyak 1 step angka kenaikan, misalkan dari angka pilot jet 12,5 menjdi 15 utk karburator tipe mikuni. Dari 15 menjdi 17,5 dan seterusnya kenaikan sebesar per 2,4 (juga disesuaikan dengan setting bukaan skrup udara di karburator). Utk tipe motor 2tak selain pilot jet naik satu step, sebaiknya mainjet juga dinaikkan satu step utk mengatasi kekeringan diputaran atas dari mesin.

3. Pemakai Advance-Kategori Street illegal Racing
Utk memilih knalpot yg tepat bagi kegunaan mereka. Ada baiknya banyak mencoba beragam knalpot racing, Akan tetapi bukan hanya sekedar merk saja yg berbicara..pada kondisi utk keperluan balap oleh pengemar adu kebut utk kelas mesin standart,

4. Pemakai Profesional-Kategori Full-Racing is legal
Yg diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system tipe “Racing use _disibledevent="on">Yoshimura Jepang, USA dan yg versi Thailand juga mudah ditemukan.

Sumber: id.shvoong.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris