13 Oktober 2010

Kriteria Memilih Software Akuntansi




Memilih Software Akuntansi yang tepat seperti meng-hire seorang senior credit analyst sekaligus book keeper. Tidak mudah memang. Begitu banyak Software Akuntansi yang beredar. Semuanya menyatakan dirinya memiliki feature lengkap, user-friendly, bugs-free, multi-user, compatible dengan ini dan itu, menawarkan kemudahan-kemudahan. Didukung dengan penampilan yang artistic, clean dan professional.

Apkah yang anda inginkan hanya sekedar Software Akuntansi yang bisa menjurnal, membuat buku besar, membuat laporan keuangan, disertai laporan pajak saja? atau sebuah system flexible yang mampu menghasilkan variasi laporan untuk keperluan business analysis, bisa memndorong produktifitas dan pemangkasan biaya?

Kesalahpahaman yang sering kita lakukan yang sadar atau tidak yaitu dalam menilai dan memilih suatu software, terlebih lebih Software Akuntansi, diantaranya:

   1. Asal cepat dan jadi.
   2. Terpesona oleh penampilan
   3. Asal murah

Kesalahan  persepsi umum yang sangat mendasar dalam memperspsikan Software Akuntansi dan tools pada umumnya: Kita menyerahkan segala sesuatunya kepada Software Akuntansi, bahkan kita di lead (di dikte dan
diatur) oleh Software Akuntansi. Kita pikir Software Akuntansi dan artifical intelligent bisa menggantikan fungsi manusia…..

Terpnting yang bisa anda capai adalah “Software Akuntansi /system yang mana yang dapat memenuhi kebutuhan anda di masa sekarang dan masa yang akan datang”.

Harus diingat, yaitu: mengambil pilihan yang salah saat ini, sangat mungkin akan membuat anda harus mengeluarkan dana untuk membeli Software Akuntansi baru dalam 1 atau 2 tahun ke depan.

Setlah anda berhasil menentukan Software Akuntansi mna yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan anda dipantau dari feature dan fungsinya. Software Akuntansi adalah dimaksudkan untuk dapat membantu mempercepat pekerjaan anda.

Untuk memastikan hal ini, maka kunjungilah situs resminya, lalu download versi demo (trial)-nya. Jika tidak ada, download dan pelajarilah manual (petunjuk cara pengoperasiannya), dari sana anda akan memperoleh gambaran mengenai user friendly atau tidaknya suatu accounting software.

Setiap Software Akuntansi (bahkan semua software) menyatakan dirinya sebagai user-friendly software. Tetapi, tidak sedikit dari Software Akuntansi yang memasang user friendly tersebut membutuhkan praktek dan training yang lama untuk bisa mengoperasikannya secara optimal.

Jika feature dan function sudah sangat sesuai dengan kebutuhan anda, akan tetapi anda tidak yakin mengenai “user-friendly” atau tidaknya saja, maka anda dapat menghubungi pihak developer (pembuat software) atau agent-nya untuk menanyakan: apakah mereka menyediakan training, berapa lamanya waktu training yang akan dibutuhkan, sampai sejauh mana developer menyediakan support.

Support adalah sangat dibutuhkan. Sudah sangat sering saya membaca, dimana user (pengusaha/perusahaan) yang mengeluhkan Software Akuntansi /system yang dipakainya. Memang harganya murah, tetapi supportnya sungguh sangat mengecewakan. telah begitu banyak data keuangan yang tersimpan didalamnya, tetapi begitu ada masalah, pihak developer sama sekali tidak menunjukkan itikad untuk mencarikan solusi.

Sumber: oke.or.id
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Meninggalkan Kesan Baik Saat Pesta Kantor



Waktunya untuk pesta kantor. Sudah cukup buruk bahwa Anda harus berdandan dan basa-basi sepanjang malam , tetapi sekarang dia ingin Anda untuk menghadiri juga. Penggunaan waktu setelah jam kerja, bisa sedikit menakutkan bagi mereka yang baru bertualang ke dunia korporat. Dan sebaliknya, nuansa pesta kantor sudah jadul untuk pekerja harian perusahaan.

Beriktu tips yang harus anda perhatikan dalam pesta kantor.

Memilih Pakaian
Pastikan untuk memeriksa apa dress code untuk pesta kantor. Biasanya, infomasinya cukup jelas: formal, koktail, dll. Tidak perlu khawatir jika lemari pakaian Anda tidak terlalu luas. Tampak berbeda dari setelan gelap dapat mudah dilakukan dengan dasi, manset, kemeja warna, dll

Berbincang tentang kantornya
Walaupun pesta kantor seharusnya menyenangkan dan bukan bekerja, pasti akan ada keterkaitan dengan pekerjaan dalam percakapan. Mudah jika saat itu pesta kantor Anda. Namun, kali ini tidak. Bersiaplah untuk berkontribusi dalam percakapan dengan melakukan sedikit penelitian sebelum pergi ke pesta.

Tidak mabuk
Selalu ada kemungkinan pesta kantor terdapat ruang bar, akan tetapi, ini bukan lampu hijau untuk menunjukkan kepada semua orang tentang seberapa hebat Anda minum. Mungkin Anda tergoda untuk menghibur diri dengan minum, tetapi tahanlah.

Berpartisipasi
Antisipasi  yang baik untuk mengandalkan hiburan beralkohol saat pesta kantor: berpartisipasi. Berusaha berbicara kepada orang-orang di meja Anda, menampilkan rasa humor, dan sebagainya.

Bersikap Tegas
Moment yang sangat penting adalah ketika Anda bertemu bosnya. Anda harus bersikap tegas. Pandanglah matanya, tersenyum hangat dan tegas menjabat tangannya. Tidak  berdiri saja dan menjauh dari percakapan. Gabunglah (berpartisipasi). Ketika bos bertanya tentang Anda dan profesi Anda, dengan percaya diri jelaskan bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda.

Pusat perhatian
Cara teman kantornya menilai Anda akan sangat menentukan keberhasilan di matanya. Dia ingin mengenalkan Anda dan membuat semua teman kantornya cemburu karena ia telah begitu hebat dalam pesta kantor. menggunakan peran Anda dengan baik (menjadi gentleman dengan membantu melepas mantelnya, menarik kursi, mengambilkan minuman,dll) dan usahakan untuk mengingat nama-nama teman-teman kerjanya (pada dasarnya, menjadi pribadi yang menarik). Semua ini setara dengan gosip Senin pagi di mana Anda akan bintang sebagai topik utama pembicaraan. Hal ini, tentu saja, tujuan gadis Anda

Tahu kapan harus pergi
Satu ini sederhana. Jangan menjadi yang terakhir yang meninggalkan pesta kantor. Anda akan dapat merasakan waktu yang tepat. Biasanya beberapa saat setelah makan malam,orang-orang akan mulai pergi. Namun, ketika Anda pergi, pastikan untuk memberikan ucapan terima kasih dan selamat tinggal kepada bos dan rekan kerja.

Mengetahui Kebiasaan perusahaannya
Meskipun pihak perusahaan (tempatnya atau Anda) pasti akan mempunyai momen kurang menarik, ini merupakan bagian penting dari permainan perusahaan. Memberikan kesempatan untuk membuat kesan di luar kantor. Camkan ini dan akan memastikan Anda tampil mengagumkan.

Sumber: www.artikelpria.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

Menikmati Persaingan Di Dalam Kantor



Dalam bekerja, kita ingin memiliki karir yang membanggakan, gaji besar, kerja menarik dan suasana kerja dan menikmati perayaan kantor yang menyenangkan. Terbatasnya sumber daya, lingkungan kompetitif, subjektifitas dalam penilaian, tidak jelas batasan performance, ambisi pribadi serta persoalan psikologis seseorang dapat menimbulkan upaya menghalalkan segala cara demi tujuan pribadi atau perayaan kantor. Orang kerap menyebutnya sebagai berpolitik di kantor atau office politics.

Sesungguhnya berpolitik dikantor berkaitan dengan keterampilan atau keahlian dalam berkomunikasi informal dengan tujuan mendapatkan kekuasaan atau keuntungan.

Berpolitik dikantor dalam konteks positif adalah upaya memproyeksikan diri sebagai pribadi yang fleksibel dan mampu berkomunikasi dengan luwes. Sikap ini juga disertai dengan adanya kesempatan lebih banyak, namun tidak merugikan pihak lain. Sikap yang licik, curang, menyebar gossip untuk menjatuhkan seseorang, dan intrik-intrik untuk menggapai ambisi pribadi, adalah berpolitik dikantor dalam konteks negatif.

Inti dari berpolitik dikantor adalah menjadikan diri kita disukai. Kemampuan ini layak untuk kita miliki dengan baik karena membuat karir cemerlang, perayaan kantor.

Strategi berpolitik dikantor secara positif adalah sebagai berikut:

Pertama, miliki visi dalam bekerja. Pahami dengan baik visi perusahaan dan jalankan peran Anda untuk mendukung visi perusahaan. Jadilah bagian dari team yang kreatif.

Kedua, ketahui kualitas dan kemampuan diri. Apa kekuatan dan kelemahan diri. Melakukan pengembangan diri secara aktif. Selain itu melakukan evaluasi mengenai kecerdasan emosional dan komunikasi sehingga hubungan dikantor menjadi menyenangkan dan menguntungkan.

Ketiga, jika rekan kerja atau atasan kita kurang menyenangkan, mari kita cek lagi pendapat kita. Karena ada kata bijak mengatakan ‘tidak ada orang tidak menyenangkan, kita saja yang belum kenal dirinya’. Atau berangkali dia tidak menyenangkan karena kita tidak menyenangkannya. Berempatilah untuk memahami apa motivasinya berbuat seperti itu.

Selanjutnya, bagaimana bila rekan sekerja kita berpolitik dikantor secara negatif?

Berikut ini beberapa tips untuk menghadapi

Pertama, menegakkan etika profesional. Tiap pekerjaan ada etikanya. Berperilakulah dengan koridor etika bisnis profesional. Posisi ini cukup aman dan mendorong rekan kerja kita berperilaku sama.

Kedua, Jangan mudah sakit hati. Mungkin saat ini, rekan kerja membuat kita tidak nyaman. Pasti ada latar belakang sikap dia seperti itu. Berempatilah. Sebaiknya jangan terbawa suasana untuk membalasnya. Ingat, dalam hubungan kerja, satu sama lain pasti terkait. Kita pasti akan berhubungan dengannnya meskipun lewat perayaan kantor.

Ketiga, bersikap fair. Bahkan arahkan pada situasi win-win. Buat semua pihak merasa menang dan nyaman dengan keberadaan kita.

Keempat, tetaplah produktif. Situasi kantor yang penuh intrik atau gosip dapat menimbulkan lesu darah dalam bekerja. Produktifitas kolektif juga bisa menurun. Dalam situasi ini, tunjukkan kualitas kerja optimal dan tetap produktif baik itu dalam kerja maupun perayaan kantor lainnya. Selain memicu semangat rekan lain maupun atasan, kitapun tampak lebih bersinar dari yang lain


Sumber: leilamona.blogspot.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris