15 Juni 2017

Ice Cream Sayuran? Ada Kok, yuk coba

Ice Cream


Ice Cream merupakan salah satu jenis makana favorit bagi setiap orang. Rasanya manis dan teksturnya yang lembut serta dingin menjadi salah satu kelebihan yang menjadi ciri khas utamanya. Ice Cream sendiri kerap di modifikasi kedalam aneka jenis bentuk dan rasa. Sebut saja Ice cream dengan rasa buah, rasa minuman, dan kini hadir pula varian ice cream dengan rasa sayuran. Adalah salah seorang mahasiswa asal Surabaya yang mencoba-coba menekuni bidang kuliner es krim, namun dengan modifikasi rasa yang cukup nyeleneh.



Nur An Nisaa, merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang mencoba peruntungan bisnisnya sedari level bawah. Nisa bercerita bahwasanya ia memulai bisnis kuliner ice cream sayuran ini semenjak tahun 2011. Gorgan Ice Cream, merupakan salah satu brand Nisa yang di gunakan untuk mempromosikan ice cream sayuran racikannya sendiri. Alasan ia mencoba peruntungan bisnis ini sendiri cukup sederhana, yakni "Karena es krim kan semua orang suka ya, jadi saya mikir bagaimana caranya supaya sayuran lebih disukai," jelas nisa.

Bahan baku utama yang di gunakan juga cukup mudah sekali di dapatkan serta di olah, di antaranya sawi, wortel, bayam merah, tomat, kol ungu, sama sawi pokcoy. Sayuran ini lalu dicampur dengan beberapa bahan lain seperti susu, telur, dan gula low fat. Simple namun cukup unik di lidah, seraya Nisa bercerita.
Nisa sendiri tak sungkan untuk ber eksperimen dengan Ice Cream buatanya tersebut. Ia mengaku seringkali harus memanipulasi rasa Ice Cream sayuran yang ia modifikasi. Hal ini bertujuan agar konsumen tidak begitu kaget ketika harus pertama kali mencicipi sayuran yang telah di rubah menjadi ice cream.

"Awalnya harus mengedukasi masyarakat saja kalau sayuran harus disukai. Saya bagi-bagi tester ke mereka untuk mencoba tapi nggak bilang itu rasa apa, biar mereka cobain saja dan ngomong rasanya seperti apa," ujar An Nisaa.

Dari percobaan ke percobaan maka an nisa pun mendapatkan input berharga seputar ice cream sayuran besutannya. Penyempurnaan pun terus di lakukan, antara lain dari sisi pembuatan hingga pengolahan. Nisa tak segan-segan berinvestasi pada bisnis ini, ia mulai beralih menggunakan mesin ice cream modern yang harganya mahal agar produksi usahanya kian berkembang.  Hingga saat ini, varian produknya sudah mencapai 20 jenis yang terdiri dari es krim sayur dan kapsul es krim. Kapsul es krim merupakan kue yang terbuat dari es krim sayuran.



Harga Ice Cream Sayuran yang di tawarkan Nisa juga sangat bervariasi dan cukup terjangkau. Mulai dari varian paling muyrah di bandrol 15 ribu dan yang paling mahal hingga 260 ribu rupiah. Untuk rencana jangka panjangnya sendiri, nisa mengaku sedang ingin mengembangkan produksi sayurannya secara mandiri. Karena selama ini Nisa menyadari dengan mencari bahan baku dari pihak luar, tentunya biaya produksi bisa menjadi jauh lebih besar. 

Untuk mencoba gorgan's ice cream, pembeli dapat mengunjungi tempat pembuatannya secara langsung di Surabaya, tepatnya di Jalan Ploso Timur, di wilayah kampus Unair. Tertarik???

0 komentar :