30 Desember 2015

Cara Menghilangkan Rasa Gugup Ketika Wawancara

Lowongan Kerja di Bintaro - Setelah bertarung di dunia online yaitu mengirim lamaran kerja ke sebuah perusahaan yang diimpikan, tentu  ada waktunya kamu bakal dipanggil untuk melakukan sesi interview atau wawancara. Untuk fresh graduate atau yang baru saja lulus dari bangku pendidikan, tentu sesi ini sedikit banyak akan menghadirkan rasa gugup, tidak percaya diri, cemas dan gelisah. Nah, untuk mensiasatinya, perlu dibutuhkan beberapa trik atau tips untuk menghilangkan rasa gugup ketika wawancara.

Cara Menghilangkan Rasa Gugup Ketika Wawancara 

- Pertama, sebelum mengikuti wawancara, yang pasti jangan lupa berdoa ya dan lakukan lah persiapan yang matang misalnya dengan mencari referensi di internet mengenai apa saja nanti yang biasanya ditanyakan oleh interviewer kepada para pencari kerja. Catat dengan baik semua jawaban yang akan kamu berikan, dan hafalkan apa saja dari jawaban tersebut, agar kamu bisa lancer menjawab semua pertanyaan.

- Ketika sesi wawancara, bicaralah dengan artikulasi yang jelas dan tidak terlalu cepat. Triknya yaitu dengan cara menarik nafas secara perlahan, tahan hingga 3 detik dan hembuskan dengan perlahan, sehingga irama detak jantung menjadi teratur.  Agar artikulasi suara menjadi jelas, lakukan juga pemanasan sedikit pada bagian lidah, dengan cara menjulurkan lidah sepanjang yang Anda bisa.

- Pada saat disuruh duduk, duduklah dengan posisi tegap dan nyaman, hindari bersandar dan terkesan santai. Agar terlihat lebih pede dan meyakinkan, letakkan tangan kamu di atas meja. Dan jangan sampai menyembunyikan tangan di bawah bangku, karena tindakan ini bisa disimpulkan bahwa kamu tidak pede.

- Dengarkan dengan baik semua pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer, supaya kamu tidak memberikan jawaban yang salah dan interviewer juga tidak mengulang lagi pertanyaan tersebut. Dan yang terakhir adalah, jadilah diri sendiri sehingga proses wawancara bisa anda lalui dengan baik.

Semoga tips sederhana ini bisa membuat kamu berhasil melalui sesi wawancara dengan baik. Sukses dan semangat ya.

0 komentar :