13 November 2015

Tips Perawatan Mesin Mixer Roti





Penggunaan mixer roti dalam pembuatan roti memang sangat diperlukan untuk mengaduk adonan roti secara merata dan efektif, penggunaan mixer roti sungguh memudahkan pembuatan roti hingga dapat mempersingkat waktu pembuatan adonan roti, dulu sebelum adanya mixer roti orang membuat roti menggunakan kawat spiral untuk mengaduknya dengan pegangan kayu, tentunya memakan waktu yang lama dan melelahkan.

Mesin mixer roti bekerja dengan cara berputar dalam mengaduk adonan yang menggunakan energi listrik untuk menggerakan putaran mesin tersebut dan ada tombil kecepatan dengan pengaturan kecepatan yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, bila anda ingin membeli mesin roti seperti mixer roti tersebut maka sesuaikanlah dengan kebutuhan, serta keuangan yang anda miliki, mesin mixer roti memiliki berbagai jenis dan kapasitasnya oleh karena itu gunakan mesin tersebut sesuai dengan kapasitas, agar mesin mixer roti tetap awet dan dapat menghasilkan adonan yang berkualitas, ada beberapa tips perawatan mesin mixer roti supaya tetap awet.


  • Pastikan tegangan/volt mesin mixer roti sesuai dengan tegangan listrik dirumah. Jangan sampai membeli mixer dengan voltase lebih besar dari voltase rumah anda.
  • Cabutlah kabel penghubung mesin mixer roti dengan stopkontak apabila sedang tidak digunakan.
  • Jangan terlalu lama menggunakan mesin mixer roti untuk mengaduk adonan apalagi sampai panas ini mengakibatkan terbakarnya lilitan motor. Apabila memang adonan yang di mixer membutuhkan waktu yang lama beri jeda sekitar 15 untuk memulihkan mesin mixer roti.
  • Setelah mesin mixer roti digunakan bersihkan mixer dan bagian-bagiannya dengan kain lembab dan lembut, bersihkan dengan air sabun pencuci piring agar aroma adonan hilang.
  • Jaga jangan sampai badan mesin mixer roti jatuh.
  • Simpan d itempat yang aman, ajuh dari jangkauan anak-anak, tikus dan bahkan serangga yang akan merusak komponen mixer.
  • Lumasi bagian bantalan atau roda gigi dengan meneteskan minyak pelumas untuk memperlancar gerakan mesin mixer roti.


Penggunaan mesin roti yang benar sesuai kapasitas dan perawatan yang benar tentunya akan menghemat biaya anda, Semoga tips diatas bermanfaat untuk anda.

0 komentar :