11 November 2015

Memilih Atau Membeli Oven Roti Perlu Pertimbangan





Buat Anda yang ingin membeli dan memilih oven roti tentunya perlu pertimbangan seperti ukuran oven roti besar atau kecil, harga oven roti besar dan oven roti kecil, lalu tempat yang anda miliki cukup atau tidak untuk oven roti tersebut lalu, kapasitas muatan oven tersebut Rak, loyang dan baki remah, Fungsi pemanasan ganda, energi yang digunakan hemat atau tidak, berikut beberapa hal tersebut dalam penjabarannya:

Ukuran. Ini terkait dengan dimana panggangan roti tersebut nanti akan ditempatkan. Untuk mengetahui ukuran yang sesuai kita harus mengetahui berapa dimensi riil dari alat tersebut yaitu : panjang x lebar x tinggi. Ukuran yang tepat akan menentukan sesuai atau tidaknya alat panggang dengan ruang yang tersedia, terutama jika alat tersebut akan diintegrasikan dengan furnitur dapur yang lain seperti kitchen cabinet.Tentang penempatan oven roti pastikan letak alat tersebut nanti tidak bersebelahan dengan apapun yang bisa rusak karena panas, jauhkan dari jangkauan anak kecil, serta gunakan alas tahan panas agar tidak meninggalkan bekas atau “jejak” dimana ia diletakan.

Kapasitas. Yaitu berapa “volume” yang mampu ditangan alat panggang tersebut dalam sekali masak. Biasanya dihitung dengan satuan meter kubik atau kaki kubik. Setiap orang punya kebutuhan masak yang berbeda, dengan begitu kebutuhan kapasitas toaster-nya juga berbeda. Sebagai gambaran, oven roti dengan kapasitas sekitar 0,6 kaki kubik biasanya sudah mampu memanggang satu ekor ayam utuh.

Rak, loyang dan baki remah. Alat pemanggang roti yang bagus biasanya sudah dilengkapi dengan minimal satu rak kawat yang bisa dicopot – pasang, loyang untuk menaruh makanan yang dipanggang, dan baki remah sebagai tempat sisa-sisa proses pemanggangan agar alat mudah dibersihkan. Pada ukuran toaster yang lebih besar jumlah rak, loyang dan baki remah bisa lebih dari satu.

Fungsi pemanasan ganda. Fungsi pemanasan yang paling umum dari oven roti adalah membakar (bake), dan memanggang (toast). Dengan fungsi pemanasan ganda ini maka alat ini bisa digunakan untuk menyiapkan makanan lain selain roti panggang.

Hemat energi. Secara umum semakin kecil alat panggangan maka waktu pemanasan awal akan semakin cepat. Demikian pula dinding alat pemanggang yang tebal akan mengisolasi panas dengan lebih baik. Kipas pada model konveksi membuat pemanasan lebih merata. Semua itu banyak pengaruhnya pada penghematan energi.

Demikian pembahasannya semoga bermanfaat untuk anda dalam membeli dan memilih oven roti.

Simak Artikel berikutnya tentang Tehnik Memanggang Roti Yang Baik

0 komentar :