16 November 2015

Cara Bikin Roti Jadi Lembut



Roti yang lembut adalah roti yang nikmat untuk di santap, banyak orang yang selalu memilih roti yang lembut, saat membeli roti karena menurut orang banyak roti yang lembut itu enak untuk dimakan dan sudah pasti aman di lambungrqasanyapun pastinya nikmat, pertanyaannya gimana ya cara membuat roti yang lembut itu apabila bikin sendiri atau bikin untuk usaha roti tentunya harus tau caranya bagaimana membuat roti yang lembut dan enak dimakan?...,  yang pasti semua tidak terlepas dari cara membuat rotinya dengan benar takaran bahan yang pas dan proses pengadukan adonan yang benar tentunya diperlukan mixer roti untuk mengaduknya tapi bagaimana triknya untuk membuat roti yang lembut?, Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
  • Adonan harus kalis.
  • Waktu fermentasi harus cukup.
  • Temperatur oven harus tepat.
Bahan tambahan yang dipakai untuk menjadikan roti lebih lembut yaitu bread improver dan emulsifier.

Bread Improver
Pemakaian bread improver dapat memperbaiki mutu adonan, antara lain memperkuat gluten dan dapat menahan gas lebih baik. Dosis pemakaian adalah 0,4 – 1 % dari berat terigu.

Emulsifier
Emulsifier dapat menyatukan dua bahan yang secara alami tidak mungkin bersatu, seperti air dan lemak. Sedangkan kuning telur merupakan emulsifier alami dan dapat membuat roti lebih empuk. Bila ingin menambahkan emulsifier buatan maka dosis pemakaiannya 1 % dari berat terigu.

Demikian pembahasannya cara menjadikan roti lembut semoga bermanfaat menambah pengetahuan anda

0 komentar :