6 Juni 2015

Jadikan Kemasan UKM Yang Sederhana Menarik

Buat Kemasan UKM Yang Menarik 


Kemasan UKM yang sederhana perlu di buat semenarik mungkin agar saat produk yang ingin di tawarkan mulai dipasarkan agar suatu produk memiliki daya jual terhadap dirinya sendiri maka dibuat semnarik mungkin agar para konsumen tertarik untuk membeli karena penasaran dan yang terpenting adalah kualitas dari suatu produk tersebut dan kemasan hanya sebagai pendukung dari suatu produk agar terlindung dan menarik, suatu kemasan yang menarik juga dapat mendongkrak penjualan dari suatu produk, karena kemasan yang menarik merupakan bagian dari strategi pemasaran dan kemasan yang baik adalah kemasan yang dapat menjaga kualitas produk yang ada di dalamnya, hal tersebut merupakan kriteria dari suatu kemasan untuk menjaga produk agar tetap dalam kondisi yang baik dan layak hingga sampai ketangan konsumen.



Dalam bisnis UKM pengemasan memang terkadang kurang diperhatikan oleh karena itu pengamasan dalam bisnis UKM perlu bebenah diri agar dalam packaging lebih menarik sehingga produk yang di tawarkan akan lebih laku dari sebelumnya bahkan bisa mendongkrak penjualan yang lebih baik, dari hal sekecil itu bisa mengangkat penjualan yang besar, desain kemasan yang menarik juga dapat menarik konsumen untuk membeli, terbukti hal tersebut bisa mendongkrak harga add value sebuah produk, hal tersebut dilakukan untuk membangun citra produk UKM agar mampu tumbuh sejajar dengan produk industri lainnya yang sudah besar dan sudah beredar lama di pasaran.

Nilai suatu produk bertambah juga berarti bertambahnya nilai produk secara ekonomi. Sebagai contoh sederhananya adalah produk olahan singkong goreng dijual menggunakan plastik polos biasa berwarna putih transparan mungkin hanya laku dikisaran harga Rp 5.000. lalu kemasan tersebut di rubah dengan kemasan yang bagus dan desain yang menarik serta warna yang membuat konsumen melirik, pastinya akan memiliki nilai lebih dari sekedar Rp 5.000. Bukankah strategi pengemasan yang bagus menciptakan branding kemasan, hal ini dapat memberi keuntungan lebih dari sebelumnya.
 
Tak hanya itu, produk dengan desain kemasan yang bagus dapat memiliki nilai tawar yang tinggi, bahkan akan lebih mudah masuk di supermarket dan mal berkelas. Terlebih lagi dapat menembus pasar ekspor, oleh karena itu kemasan yang bagus dan sangat diperlukan meningkatkan nilai jual suatu produk berikut ada beberapa tips mendesain kemasan yang menarik: 
 
  • Ciptakan nama brand yang unik dan beda, sesuai dengan keunikan dan ciri khas produk yang dimiliki.
  • Ambil tag line produk yang simple dan berkesan.
  • Tentukan warna dominan yang akan digunakan, pelajari psikologi warna berkaitan dengan selera konsumen. 
  • Bersama desainer packaging, buat konsep kemasan yang tidak biasa, secara bentuk visual tentu dengan memperhatikan aspek kemudahan membawa dan membuka kemasan.
  • Labelkan tanggal kadaluarsa, izin dari Dinas Kesehatan maupun Badan POM. Terlebih lagi cantumkan halal produk atau MUI.
  • Cantumkan daftar bahan yang anda gunakan dalam produk tersebut, berikut dengan uraian bagaimana cara mengkonsumsinya.
  • Terakhir, sertakan pula nomor untuk suara konsumen yang akan memberikan kritik saran nya demi perbaikan produk itu sendiri.
 
Oleh karena itu segeralah mengganti kemasan anda dengan kemasan yang bagus dan mendesain kemasan tersebut dengan gambar yang menarik agar produk dan brand anda mampu bersaing di pasar konsumen. Menjadi pengusaha UKM yang melek desain kemasan itu sebuah keharusan. Jadilah sang penemu dan pemililk produk yang akan membesarkan brand produk anda agar anda bisa menjadi pengusaha terkenal yang sukses, demikian pembahasannya semoga bermanfaat.

0 komentar :