19 April 2015

Mengetahui Prinsip Cara Kerja Mesin Vacuum Frying

Cara Kerja Vacuum Frying


Cara kerja vacuum frying yaitu dengan metode penggorengan vakum sehingga buah atau sayuran yang sedang diolah menjadi keripik tersebut menjadi produk baru berupa keripik buah atau keripik sayur, Sebenarnya mesin vacuum frying bekerja dengan cara penggorengan hampa, mesin tersebut bekerja dengan sistem penggorengan celup artinya menggunakan minyak yang banyak seperti mesin deep frying namun dengan sistem menggoreng dalam tabung dengan kondisi penggorengan yang vakum. Jadi bila rumuskan: deep frying + vacuum = vacuum frying. 



Mesin Vacuum Frying didesain sedemikian rupa agar mudah dioperasikan oleh penggunanya. Meskipun demikian, setiap konsumen atau calon konsumen perlu mengetahui dan memahami tentang cara mengoperasikan mesin Vacum Frying yang baik dan benar, agar mesin Vacuum Friying dapat bekerja scara optimal dan produk keripik yang dihasikan berkualitas baik sesuai dengan harapan, maka ikuti buku petunjuk penggunaan mesin tersebut.

Prinsip kerja menggoreng menggunakan mesin vakum frying dilakukan dalam suhu rendah pada proses yang normal proses penggorengan biasanya suhunya 70 0C atau 80 0C. Dengan menurunkan tekanan pada tabung penggorengan, maka suhu di dalamnya juga akan semakin turun. Dengan tekanan dibuat vakum, maka suhu akan turun semakin jauh sehingga bisa dilakukan penggorengan pada suhu rendah. Dengan proses inilah kemudian bahan – bahan yang semestinya tidak bisa digoreng, akhirnya bisa digoreng menghasilkan produk baru, diantaranya keripik buah dan keripik sayuran. karena Mesin vacuum frying ini bekerja dengan cara menghisap semua kandungan air didalam buah dan sayuran menggunakan kecepatan tinggi agar pori-pori daging buah dan sayuran ini tidak segera menutup. Kecepatan hisap yang tinggi ini akan membuat kadar air pada sayur dan buah bisa diserap dnegan sempurna, sehingga bisa menghasilkan keripik buah yang gurih dan renyah.

0 komentar :