9 Juli 2013

Jadikan Pelepah Pisang Sebagai Peredam Suara Murah



Pelepah pisang selain bisa di buat untuk kerajinan tangan seperti tas, sandal, hingga hiasan rumah, ternyata pelepah pisang juga bisa di jadikan sebagai peredam suara ruangan, Pelepah pisang yang di pakai untuk bahan peredam suara  ruangan adalah lapisan ketiga dan keempat atau di tengah pokok pohon pisang. Alasannya, lapisan pertama dan kedua terlalu rapuh karena kering, sementara lapisan kelima dan keenam sulit dibentuk karena terlalu banyak kandungan airnya. Pelepah pisang memiliki karakter berpori, berongga, serta berserat sehingga tampil unik.

Manfaat pelepah pisang kepok jika anyaman pelepah pisang dipasang di rumah bisa berfungsi sebagai peredam suara ruang home theatre, Karena harganya lebih terjangkau ketimbang peredam suara impor, pelepah pisang setebal 2 sentimeter dapat meredam suara berfrekuensi 200 hertz hingga 63 persen. Frekuensi itu tergolong frekuensi rendah atau suara bas, kemampuan meredam suara dari pelepah pisang belum meliputi seluruh frekuensi suara. Suara frekuensi rendah 125 hertz bisa meredam hingga 51 persen, tetapi pada frekuensi 160 hertz tidak sampai meredam 21 persen. Pada frekuensi tinggi, 2.000 hertz, bisa meredam sampai 55 persen, tapi pada 1.600 hertz hanya 40 persen.

Untuk mampu meredam suara, pelepah pisang harus di- anyam membentuk pola segi enam layaknya sarang lebah. Pola ini paling efektif dalam menutup rapat setiap lubang bila disusun bertumpuk layaknya gelombang. Pola ini tidak dijumpai di Indonesia, melainkan di kepulauan Pasifik. Pola ini biasa digunakan untuk membuat topi anyaman.

Memadukan bahan dari pelepah pisang dengan bahan lain untuk meningkatkan daya peredaman suara tentu kualitas peredam suara akan lebih baik. Penelitian mengenai aplikasi pelepah pisang kepok untuk dipakai secara masal hingga kemungkinan dijual secara komersial, hasil penelitiannya bisa bermanfaat bagi pemilik home theatre yang ingin menata akustik ruangan dengan biaya lebih ringan. Selain itu memberi nilai tambah bagi pelepah pisang dan menambah penghasilan petani pisang, Demikian pembahasannya semoga menginspirasi anda, temukan info menarik tentang peredam suara murah

0 komentar :