6 April 2011

Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Catering





Usaha Cateing - Dalam memulai usaha dalam bidang apapun termasuk Usaha Cateing, maka yg pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan bagaimanan menggaet order.. Bagaimana peluang pasar yg hendak kita masuki dalam bisnis kita dan bagaimana cara memperoleh order tersebut.

Yg kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing kita dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dgn mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas.

Yg ketiga adalah persiapkan mental dan keberanian memulai. Singkirkan hambatan psikologis rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko.

Pahami masalah operasional di Usaha Cateing. Sebelum anda menginvestasikan sejumlah uang di bisnis catering, ada baiknya anda menginvestasikan waktu anda untuk belajar tentang bisnis yg ingin anda tekuni.

Misalnya untuk usaha Catering paling tidak yg dibutuhkan adalah mengerti tentang masakan–syukur-syukur bila Anda pandai memasak, dan lebih baik lagi bila Anda adalah seorang ahli memasak. Untuk menjadi pengusaha katering tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yg terpenting adalah mampu mengelola usaha Catering Services. sementara untuk tenaga ahli yg bisa memasak, Anda bisa melakukan perekrutan.

Dari sisi peralatan, anda juga harus menyiapkan alat-alat yg akan anda gunakan untuk memasak. Peralatan apa yg harus anda siapkan, tentu saja tergantung dari skala usaha yg ingin anda jalankan. Selain itu, anda juga harus mempersiapkan tenaga ahli atau penyedia makanan dan masakan enak yg kita kenal yag bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas khusus, misalnya memasak, mengisi gubuk-gubuk atau menghidangkan masakan

Intinya kita perlu persiapan (Catering Services) dan perlu sebuah “business planning“. Tidak perlu nyelimet. Karena terlalu rumit pun malah makan waktu. Misalnya membuat rencana sampai 6 bulan. Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis kita. Kita perlu memiliki wawasan yg luas, dan tiap masalah minimal telah kita periksa.


Sumber: batikyogya.wordpress.com

Temukan Info Lain Seputar Usaha Catering

0 komentar :