26 Oktober 2010

Menggeluti Bisnis EO



Menggeluti bisnis di dunia Event Organizer atau exhibition organizer memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira.
Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai
harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang
menyenangkan.

Tapi ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis Event Organizer atau exhibition organizer, antara lain :

1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event.
2. Ide kreatif dan inovatif.
3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat.
4. Modal usaha yang cukup.
5. Tim yang solid dan loyal.

Penjelasan dari lima poin di atas agar kita bisa benar-benar memahami poin-poin penting dalam merintis bisnis Event Organizer atau exhibition organizer sehingga dapat terhindar dari penipuan dan kerugian yang besar

1. Memiliki Bekal pengalaman menyelenggarakan event.
Disadari atau tidak, sebnarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti.

2. Memiliki Ide kreatif dan inovatif.
Ingat, bisnis Event Organizer atau exhibition organizer adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah. Justru itulah yang disebut
inovasi.

3. Mempunyai Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat.
Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis Event Organizer atau exhibition organizer, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Tapi perlu diingat bhwa Event Organizer atau exhibition organizer kita tidak akan berkembang secepat apabila kita telah memiliki jaringan bisnis sebelumnya.

4. Semangat dan Modal usaha yang cukup.
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, bahwa dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis Event Organizer atau exhibition organizer, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan Event Organizer atau exhibition organizer seperti, Mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event, dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan
selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak
mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.

5. Tim yang solid dan loyal.a
Event Organizer atau exhibition organizer adalah tim, dan menemukan tim yang solid itu tidak mudah. Mengambil tim baru untuk Event Organizer atau exhibition organizer yang baru dibentuk sama sekali tidak saya sarankan.

Sumber: spgsurabaya.ning.com
Temukan semuanya tentang iklan gratis, Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris

0 komentar :