24 Agustus 2010

Cara Mudah Membeli Mesin Cuci



Mesin cuci adalah peralatan rumah tangga yang sudah menjadi kebutuhan wajib  yang harus dimiliki oleh setiap keluarga khususnya bagi pasangan muda.
sehingga para produsen berlomba-lomba untuk menghadirkan produk unggulan mereka sehigga produknya membanjiri pasaran kebutuhan peralatan rumah tangga Bila sudah begini, kadang malah jadi membingungkan untuk mencari yang cocok. Lalu, bagaimana memilih mesin cuci yang tepat untuk dipakai?

Jawabannya sebenarnya sangat relatif dan tergantung dari anda sendiri, namun secara umum inilah hal-hal yang menjadi pertimbangan:

1. Berapa budget yang anda sediakan untuk membeli mesin cuci?
Tipe yang paling dasar yaitu mesin cuci dua tabung (double tub), biasanya beroperasi semi otomatis. Harga berkisar mulai dari 1,3 juta rupiah (kadang bisa kurang) sampai dibawah 2 juta rupiah.

2. Siapa yang paling sering memakai mesin cuci ini?
Kalau anda atau isteri anda yang paling sering mencuci sendiri di rumah, tak ada salahnya mengalokasikan budget sedikit lebih demi kenyamanan/ kemudahan dan memilih tipe satu tabung. Perlu diketahui bahwa tipe front loading walau harganya selangit, tapi mampu menghasilkan cucian yang lebih bersih dan lembut.

3. Jenis saluran/instalasi air apa yang tersedia di tempat anda?
Tipe dua tabung sudah jelas bisa beroperasi dengan saluran air yang paling biasa sekalipun. Kalau terpaksa, anda bisa mengguyur sendiri air ke dalam tabungnya. Sedangkan tipe single tub kadang harus tersedia saluran air dengan tekanan yang cukup keras supaya fungsinya dapat berjalan optimal.

4. Berapa daya listrik yang terpasang di rumah?
Untuk rumah standar yang daya listriknya sampai 1300watt,

5. Berapa banyak anggota keluarga di rumah?
Tentunya ini berkaitan dengan kapasitas mesin cuci yang anda beli.

6. Berapa sering anda mencuci?
Ini juga berkaitan dengan kapasitas.

7. Features dan kebutuhan
Untuk bisa bersaing di pasar, maka banyak produsen mesin cuci yang menawarkan berbagai feature yang di-klaim tidak terdapat pada merek dan tipe lainnya. Anda sebagai konsumen perlu cermat tentang hal ini. Memang sebagian feature itu berguna, tetapi sebagian lain hanya untuk membuat positioning yang berbeda demi kampanye pemasarannya. Juga jangan tergiur adanya bonus atau hadiah semisal gratis deterjen, cairan pelembut, tempat pakaian kotor, dsb. Ingat: yang paling penting mesin cucinya bukan yang lain-lain. Disini pepatah lama berlaku: Teliti sebelum membeli!

8. Merek dan model
Lebih baik membeli dari merek yang sudah terkenal daripada merek yang kurang jelas walaupun dengan harga yang lebih murah. Kalau anda ingin berhemat, merek Korea bisa jadi pilihan karena biasanya menawarkan harga lebih kompetitif dibanding merek Jepang dengan spesifikasi yang setara.
Untuk model, tidak ada salahnya memilih yang bisa memperindah penampilan rumah, sepanjang fungsi utama dan kualitas barangnya juga baik.

9. Garansi dan after sales service
Cek masa garansi dari berbagai merek yang jadi alternatif pilihan anda. Semakin lama masa garansi maka anda makin mendapat perlindungan dalam pemakaian. Teliti juga cakupan garansi: semua komponen atau bagian tertentu saja, demikan juga apakah termasuk spare part dan jasa perbaikan.

http://www.seputargriya.co.cc/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

0 komentar :